Objek Wisata Green Canyon Kabupaten Pangandaran Akan Diubah Jadi Green Tourism

Objek Wisata Green Canyon Kabupaten Pangandaran Akan Diubah Jadi Green Tourism

Suasana objek wisata Green Canyon di Kabupaten Pangandaran. deni nurdiansyah / radar tasikmalaya--

Objek Wisata Green Canyon Kabupaten Pangandaran Akan Diubah Jadi Green Tourism

PANGANDARAN, RADARTASIK.COM - Objek wisata Green Canyon di Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran ,akan dikonsep menjadi Green Tourism yang ramah lingkungan.

Menurut General Manager (GM) PLN UID Jawa Barat, Susiana Mutia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangandaran telah mengizinkan terkait rencana pengonsepan Green Tourism atau ekowisata di Objek Wisata Green Canyon.

"Kita banyak diskusi terkait set up Green Canyon menjadi Green Tourism," paparnya kepada wartawan, Senin 11 Desember 2023.

BACA JUGA:Jurus Sakti Mourinho Tahan Fiorentina dengan 9 pemain: Pakai Anak Gawang untuk Kirim Instruksi ke Rui Patricio

Upaya tersebut, terang dia, sebagai upaya untuk mewujudkan Net Zero Emission atau nol emisi karbon.

"Karena Green Canyon ini luar biasa, jadi sepatutnya mengubah apa yang tadinya konvensional menjadi ramah lingkungan," terangnya.

Salah satu caranya, beber dia, yaitu dengan mengubah mesin perahu yang tadinya berbahan bakar fosil, menjadi sebuah mesin listrik. "Terus ada baterai swap-nya juga," bebernya.

Selain itu, tambah dia, kompor gas di warung makan Green Canyon juga dikonversi menjadi kompor induksi. "Itu untuk memanaskan air," tambahnya.

BACA JUGA:Inter Milan Selalu Lakukan Keajaiban, Simone Inzaghi Dijuluki ‘Iblis Piacenza’

Para pemandu wisata di Green Canyon juga di up skilling atau ditingkatkan kemampuanya. "Tugas paling penting adalah Pemkab Pangandaran mampu membina masyarakat, agar melanjutkan Green Tourism ini. Karena tidak bisa dilakukan sekali ini saja," jelasnya.

Penggunaan baterai pada mesin perahu nanti akan lebih hemat dibandingkan menggunakan mesin konvensional, yang menggunakan BBM. "Jauh lebih hemat, satu berbanding lima," tukasnya.

Sementara itu Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata menuturkan, jika terus menggunakan BBM maka daya dukung alam akan terus berkurang. "Kalau Green Canyon terus dijaga, ya keterbatasan itu semakin panjang," tuturnya.

Ia menandaskan, Green Canyon jadi Green Tourism adalah pilihan tepat dan mungkin kedepanya bisa diterapkan di objek wisata yang lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: