Waspada Bencana Alam Mulai Terjadi, Hari Ini 9 Titik di Kabupaten Tasikmalaya

Waspada Bencana Alam Mulai Terjadi, Hari Ini 9 Titik di Kabupaten Tasikmalaya

Rumah Tertimpa tebing yang longsor di Desa Cibungur, Kecamatan Parungponteng, Kabupaten Tasikmalaya, Senin 6 November 2023. Istimewa--

Waspada Bencana Alam Mulai Terjadi, Hari Ini 9 Titik di Kabupaten Tasikmalaya

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Peralihan musim kemarau ke hujan mulai mengakibatkan bencana alam di beberapa titik. Mulai dari tanah longsor, pohon tumbang dan rumah roboh terjadi di wilayah Kabupaten Tasikmalaya, Senin 6 November 2023.

Ketua PK Tagana Kabupaten Tasikmalaya, Jembar Adisetia mengatakan, hujan deras turun beberapa hari ini setelah kemarau mengakibatkan berbagai bencana alam terjadi. 

"Sementara ada 9 titik laporan yang sampai kepada kami, dan sebelumnya ada 3 titik. Mulai dari tanah longsor, pohon tumbang dan rumah roboh," katanya kepada radartasik.com.

BACA JUGA:Jose Mourinho Jelaskan Kenapa Dybala Mampu Bermain 90 menit Saat Kalahkan Lecce: Emosional

Untuk bencana tanah longsor terang dia, terjadi di Parumasan, Desa Parumasan, Kecamatan Sodonghilir. Longsor menutup akses jalan.

Lalu longsor juga terjadi di Jalan Penghubung Cikondang dan Margalaksana, Desa Cibungur, Kecamatan Parungponteng.

Selain itu, tanah longsor juga terjadi di jalan antara Kampung Cikadal dan Lemburkidul, Kecamatan Parungponteng dan juga Jalan Raya Selaco, Desa Cibungur, Kecamatan Parungponteng.

Kemudian di Kampung Picungrawa, Negaratengah, Cibungur, Kecamatan Parungponteng dan Kampung Jagawaras, Desa Selawangi, Kecamatan Sariwangi. "Luas longsoran bervariasi," terang dia.

BACA JUGA:Dengan Chipset Gahar? Berikut Bocoran Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A15

Untuk bencana alam rumah ambruk terjadi di Kampung Cigintung, Desa Cibungur, Kecamatan Parungponteng. Lalu rumah warga di Cihalisan, Desa Nangewer, Kecamatan Pageurageung dan di Kampung Taneuhbeureum, Desa Sukarapih, Kecamatan Sukarame.

"Rata-rata rusak sedang. Yang menjadi penyebab karena kodisi rumah yang kering karena musim kemarau, lalu diguyur hujan jadi ambruk. Ada juga yang tertimpa longsoran tanah," bebernya.

Untuk pohon tumbang, tambah dia, terjadi di Kampung Kurjati, Desa Tanjungkarang, Kecamatan Cigalontang, serta di Kampung Cibinuang, Desa Sukamahi, Kecamatan Sukaratu. 

"Untuk Desa Tanjungkarang sudah selesai pembersihan pohon tumbangnya oleh anggota Tagana KSB dan warga setempat," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: