Rp 2 Miliar Budget Geopark Galunggung Itu Gratis, Sebelum Tol Getaci Bupati dan Wali Kota Segerakan Ini

Rp 2 Miliar Budget Geopark Galunggung Itu Gratis,  Sebelum Tol Getaci Bupati dan Wali Kota Segerakan Ini

Pembangunan Tol Getaci akan sangat menunjang percepatan realisasi Geopark Galunggung menjadi Geopark Nasional yang memiliki dampak positif untuk percepatan pertumbuhan ekonomi di Tasikmalaya dan Priangan Timur.-istimewa PUPR-

Rp 2 Miliar Budget Geopark Galunggung Itu Gratis,  Sebelum Tol Getaci Bupati dan Wali Kota Segerakan Ini

KOTA TASIK, RADARTASIK.COM – Repot-repot cari ide untuk optimalkan dampak Tol Getaci, goalkan saja Geopark Galunggung menjadi geopark nasional.

Ketua Harian Geopark Galunggung Ir. H. Safari Agustin, MP, kepada Radartasik.com, Minggu 05 November 2023, menegaskan bahwa Tol Getaci dengan Geopark Galunggung seperti gayung bersambut.

Sebab adanya Tol Getaci, kata Safari Agustin, membuat jarak dari Jakarta ke Tasikmalaya sekitar 3 jam saja.

Jarak tempuh 3 jam  Itu merupakan salah satu syarat Geopark Galunggung menjadi Geopark Nasional dan Geopark Global (Dunia).

BACA JUGA:Bawa Pesan untuk Para Bacaleg di Pemilu 2024, Pria Asal Ciamis Jalan Kali Keliling Indonesia

BACA JUGA:Ketua PCNU Kota Tasikmalaya Kini Dipimpin H Dudu Rohman, Hasil Konferensi Cabang V

Meskipun sudah pensiun dengan jabatan terakhir kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tasikmalaya,  Safari Agustin masih terus memperjuangkan Geopark Galunggung berstatus Geopark Nasional.

“Sayang ilmu saya ini kalau tidak diamalkan. Mumpung saya masih hidup, ilmu soal geopark ini semoga bisa diamalkan. Semoga bupati dan wali kota Tasikmalaya segera meresponnya,” harap Safari.

Keuntungan sebuah daerah berstatus Geopark Nasional kata Safari, nantinya akan mempunyai master plan pembangunan yang menyeluruh dalam penggunaan lahan untuk kebutuhan seluruh kegiatan. 

Mulai kegiatan pertanian, perkebunan, kehutanan, perumahan, sekolah, industri , perdagangan , pariwisata dan lain-lain. 

Sehingga dapat menata daerah dengan tertib dan aman.  Termasuk dengan adanya jalan Tol Getaci  menjadi sangat sinkron. Klik di sini artikel Tol Getaci lainnya.

“Intinya dengan geopark ini untuk pengembangan pariwisata. Baik wisata alam, geowisata, geoproduk. Wisata budaya dan wisata religi,” ujarnya.

Nantinya ketika semakin banyak pengunjung, lanjutnya, apalagi kalau sudah geopark global, wajib kerjasama dengan minimal 3 negara. Sehingga Unesco akan memfasilitasi pemasaran wisata di Geopark Galunggung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: