Warga Kota Bandung Positif Cacar Monyet, Waspadai Sesekeleun di Badan Anda

Warga Kota Bandung Positif Cacar Monyet, Waspadai Sesekeleun di Badan Anda

Warga Kota Bandung positif cacar monyet, waspadai sesekeleun di badan Anda.-Kementerian Kesehatan-

Hasil pemantauan sampai Senin 30 Oktober 2023, tambah dia, kondisi pasien secara klinis masih stabil. Namun pasien belum bisa dipulangkan karena masih ada serangkaian tes dan pemeriksaan untuk memastikan kondisinya.

BACA JUGA: Duel Papan Atas Liga 1, Gelandang Persib Andalan Bojan Hodak Dipastikan Absen Lawan Madura United

”Awalnya ada demam, pegal-pegal dan sakit punggung. Kemudian muncul lesi di tangan dan kakinya. Itu yang membuat dia berobat ke puskesmas. Lalu puskesmas curiga kalau itu monkeypox,” jelas Ira.

Ira menyebutkan monkeypox sebenarnya mirip cacar air. Penyakit ini bisa dinyatakan sembuh jika sudah tidak menularkan lagi. Seperti keropeng sudah rontok dan hanya tersisa bekasnya saja. Penularannya pun melalui skin to skin.

”Bedanya kalau cacar air itu isinya air. Sedangkan monkeypox ini isinya nanah. Kalau sudah tidak ada keluhan yang sangat mengganggu, bisa dua minggu sembuh. Tapi, kalau imunnya rendah, bisa lebih lama," terang Ira.

Dia mengimbau bagi orang yang memiliki kontak erat dengan pasien monkeypox sebaiknya hindari bersentuhan secara langsung. Pasien juga bisa mencegah penularan dengan menggunakan baju panjang namun jangan tergesek kulit untuk menghindari infeksi sekunder.

BACA JUGA: Daftar Galaxy Tab A9 Termurah Hingga Termahal per 31 Oktober 2023, Lihat Spek Aslinya

”Sebab kalau kena lesinya itu, penularannya bisa lebih cepat. Kalau kulit keropengnya yang terbang lalu menempel di kulit orang, itu bisa menular juga tapi sebenarnya harus dalam jumlah banyak,” akunya.

Menurut dia, monkeypox tidak hanya bisa menular dengan berhubungan seksual namun selama seseorang melakukan sentuhan kulit dengan pasien monkeypox seperti bersalaman, potensi penularannya tetap bisa terjadi.

Bahkan jika orang tersebut pernah terkena cacar air, tambah dia, bukan berarti kebal terhadap monkeypox (cacar monyet).

”Kalau masalah jenis virus, ini ortopox. Kalau misal ada yang sudah pernah kena cacar air, dia masih bisa tertular cacar monyet,” ucapnya.

BACA JUGA: Jembatan Parungsari Kota Banjar Bisa Dilalui Kembali, Kata Wali Kota Banjar: Kado Akhir Masa Jabatan

Demi bisa memutuskan mata rantai penularan, Ira mengimbau masyarakat supaya tetap menjaga jarak, menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) dan rajin cuci tangan. 

Kalau harus mengurus orang-orang dengan monkeypox bisa pakai handscoon supaya tidak bersentuhan kulit dengan kulit secara langsung. Setelah itu wajib langsung cuci tangan.

Selain itu, tingkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit, barang-barang tidak dipakai bersama serta tidak tidur dan makan bersama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: