Wujudkan Kabupaten Garut Menjadi Sentralisasi Atlet Akuatik

Wujudkan Kabupaten Garut Menjadi Sentralisasi Atlet Akuatik

Para atlet renang sedang mengikuti kejuaran di Sarana Olahraga Raga Akuatik Talaga Bodas, Kabupaten Garut, Sabtu 28 Oktober 2023. agi sugiana / radar tasikmalaya--

Wujudkan Kabupaten Garut Menjadi Sentralisasi Atlet Akuatik

GARUT, RADARTASIK.COM - Tiga kejuaraan renang digelar di Sarana Olahraga Raga Akuatik Talaga Bodas, Kabupaten Garut.

Ketiga kejuaran itu adalah West Java Swimming Championship Series 2023, West Java Swimming Short Course for Kids Serie IV, dan Kejuaraan Renang Piala Bupati Garut Tahun 2023.

Bupati Garut, Rudy Gunawan mengatakan, Sarana Olahraga Akuatik Talaga Bodas sangat penting dijadikan tempat pelatihan atlet renang berskala nasional dan internasional.

Ia juga menyoroti standar internasional yang telah terpenuhi oleh sarana tersebut. Menurutnya, perlu manajemen yang baik untuk kolam renang dan para atletnya. 

"Orangnya itu dilatih dengan baik, gizinya (diperhatikan, Red) dengan baik, tekniknya harus dengan baik," paparnya, Sabtu 28 Oktober 2023.

Pihaknya menyiapkan anggaran melalui APBD tahun ini untuk mempersiapkan semuanya, Sedangkan untuk pemeliharaannya saat ini ditanggung oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Garut dengan anggaran mencapai Rp 300 juta per tahun.

Agar kualitas dan tata kelolanya berjalan lebih baik, Ia berharap ada pihak swasta yang berminat mengelola arena ini untuk menjaga kualitasnya.

Rudy pum berencana memprioritaskan pembelian water heater untuk mempertahankan suhu air sesuai standar. 

"Jangan sampai ada keluhan oh di sini airnya dingin, padahal katanya tadi harus 25-28 derajat celcius. Saat ini 18-20 derajat celcius, jadi masih di bawah standar," tegasnya.

Ketua Umum Akuatik Indonesia Pengurus Provinsi Jawa Barat, Verdia Yosep menuturkan, Sarana Akuatik Talaga Bodas sebagai salah satu yang terbaik dan termegah di Indonesia. 

Yosep berharap sarana ini mampu melahirkan prestasi terbaik atlet Jawa Barat untuk PON 2024 dan bahkan ke Olimpiade 2032.

Ditempat yang sama Agus Ismail, Ketua Akuatik Indonesia Kabupaten Garut, menjelaskan bahwa event ini diikuti oleh 993 atlet dari 68 klub renang se-Jawa Barat, dengan 4.393 nomor pertandingan.

Kata dia, tersebut akan menjadi agenda tahunan di Sarana Akuatik Talaga Bodas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: