Stabilkan Harga Beras, Pemerintah Kota Tasikmalaya Kolaborasi dengan Bank Indonesia Lakukan Hal ini

Stabilkan Harga Beras, Pemerintah Kota Tasikmalaya Kolaborasi dengan Bank Indonesia Lakukan Hal ini

Penjabat Wali Kota Tasikmalaya, Cheka Virgowansyah mengecek harga di Pasar Cikurubuk usai membuka operasi beras, kemarin Senin 25 September 2023. istimewa--

Stabilkan Harga Beras, Pemerintah Kota Tasikmalaya Kolaborasi dengan Bank Indonesia Lakukan Hal ini

RADARTASIK.COM - Pemerintah Kota Tasikmalaya bersama Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya menyelenggarakan Operasi Pasar Rakyat Kemitraan melalui Operasi Pasar Beras SPHP Bulog, kemarin Senin 25 September 2023.

Operasi ini melibatkan Koperasi Hippatas atau Pasar Cikurubuk Onlinen (PCO), dengan menjual harga beras sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) yakni Rp 10.900,-/Kg atau Rp 54.400/kantong. 

Diharapkan upaya itu bisa mengintervensi perkembangan harga beras yang menjadi penyumbang inflasi pada bulan Agustus 2023 lalu.

BACA JUGA:Legenda AC Milan Minta Fans Bersabar: Pioli Perlu Waktu untuk Memahami Pemain

"Operasi Pasar Murah kebutuhan pokok masyarakat yang dilaksanakan secara bertahap dan ditargetkan pada tahun 2023 terlaksana sebanyak 20 kali," ujar Penjabat Wali Kota Tasikmalaya, Cheka Virgowansyah.

"Sampai dengan hari kemarin telah dilaksanakan sebanyak 12 kali, sisanya direncanakan pada rangkaian peringatan Hari jadi Kota Tasikmalaya sebanyak 2 kali dan menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional sebanyak 6 kali," sambungnya.

Terang Cheka, upaya Pemerintah Kota Tasikmalaya tidak sebatas itu saja dalam stabilisasi harga-harga dipasaran. Pasar tani, telah dilaksanakan sebanyak 64 kali sepanjang tahun 2023 dan ditargetkan terlaksana sebanyak 94 kali. 

"Juga program-program lain yang sepanjang tahun kita jalankan dalam upaya stabilisasi harga, dan berimbas kepada penurunan angka inflasi," terangnya.

BACA JUGA:Syarat Penting untuk Pengajuan Pinjaman KUR BRI 2023 Agar Bisa Cepat Cair

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya, Aswin Kosotali menuturkan, salah satu dari kunci pengendalian inflasi yaitu keterjangkauan harga.

Hal ini yang merupakan upaya TPID di daerah harus dilakukan untuk menjaga kestabilan harga yang terjangkau bagi masyarakat khususnya di Pasar Rakyat. 

"Untuk itu TPID Kota Tasikmalaya mendorong inovasi Operasi Pasar Rakyat Komoditas Beras SPHP melalui kemitraan dengan Koperasi dan Pedagang Pasar Cikurubuk," tuturnya.

Dia menambahkan, pendistribusian beras SPHP melalui Operasi Pasar Rakyat kali ini dilakukan dengan peningkatan mekanisme penyaluran melalui Operasi Pasar yang bermitra dengan pedagang beras anggota Koperasi Pasar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: