Jalan Tol Getaci Bawa Keberuntungan untuk Kota Tasikmalaya, Ini Kata Pengamat Pembangunan

Jalan Tol Getaci Bawa Keberuntungan untuk Kota Tasikmalaya, Ini Kata Pengamat Pembangunan

Hadirnya jalan Tol Getaci bisa membawa banyak manfaat bagi Kota Tasikmalaya, salah satunya pusat keramaian kota akan bertambah.-Foto: tangkapanlayar/dok atcs kota tasikmalaya -

Jalan Tol Getaci Bawa Keberuntungan untuk Kota Tasikmalaya, Ini Kata Pengamat Pembangunan

KOTA TASIK, RADARTASIK.COM - Pembangunan jalan Tol Getaci menjanjikan keuntungan berlipat bagi Priangan Timur, dari akses cepat hingga meningkatkan nilai tanah.

Persiapan pembangunan jalan Tol Getaci yang akan menghubungkan 15 Kelurahan dari 4 Kecamatan di Kota Tasikmalaya kini semakin menarik perhatian.

Rencana proyek megah ini tampaknya akan memberikan dampak positif bagi perkembangan wilayah Priangan Timur secara keseluruhan.

BACA JUGA:Dampak Tol Getaci Peluang Gunung Galunggung Jadi Kawasan Wisata Alam Unggulan, Syaratnya Ini

Ir. H. Tarlan, M.Pd, seorang tokoh dan pengamat pembangunan terkemuka di Kota Tasikmalaya, memberikan tanggapan terkait proyek pembangunan jaln tol tersebut

“Pembangunan jalan Tol Getaci yang saat ini masih disiapkan oleh pemerintah pusat, berawal di tahun 2014 yang merupakan hasil perumusan dari seluruh wali kota dan bupati yang ada di wilayah Priangan Timur saat itu,” ungkap Tarlan beberapa waktu lalu.

Diungkapkan Ir. H. Tarlan, MPd., pengamat pembangunan di Kota Tasikmalaya, bahwa di tahun 2014 saat itu dirinya masih berdinas sebagai salah satu Kepala OPD di Kota Tasikmalaya, dirinya melihat bahwa pembangunan jalan tol di wilayah Jawa Barat Utara sudah di program akan oleh pemerintah pusat. 

“Beberapa wilayah kabuptaen kota seperti Purwakarta, Subang, Indramayu mereka dibuatkan jalan tol yang merupakan program dari pemerintah pusat. Maka pada saat itu saya juga di Bapelitbangda, saya sampaikan ke pak wali kota bagaimana agar kita mengusulkan agar ada jalan tol ke Tasik dari Bandung.

BACA JUGA:Aturan Baru BCA Terkait Batas Usia Debitur KPR Berlaku Mulai 2023, Berkurang atau Bertambah?

Supaya ada akses ke wilayah Priangan Timur yang memang saat ini juga aksesnya masih cukup membutuhkan waktu dan biaya besar,” ungkapnya

Akhirnya Pemkot Tasikmalaya sepakat mengundang seluruh kepala daerah di Priangan Timur untuk berkumpul dan dirumuskan usulan untuk ada jalan tol dari Bandung hingga ke Pangandaran.

“Setelah pengusulan dilakukan, saat itu akhirnya disetujui untuk pembanguna jalan tol di wilayah Jabar Selatan. Untuk Kota Tasikmalaya saat itu jalan tol akan mengikuti jalan yang ada sekarang di daerah Indihiang yaitu Jalan Waskita Kusumah langsung ke Cibeuti,” katanya. 

“Tapi sekarang Alhamdulillah berubah melalui jalur yang baru sehingga melintasi 4 kecamatan untuk jalan tol Getaci ini,” ungkapnya lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: