Lapas Klas IIB Kota Banjar Didik Warga Binaan Agar Hidup Mandiri, Belajar Bikin Gerobak Sampah

Lapas Klas IIB Kota Banjar Didik Warga Binaan Agar Hidup Mandiri, Belajar Bikin Gerobak Sampah

Warga binaan di Lapas Klas IIB Kota banjar saat ikut pelatihan pembuatan gerobak sampah.-Foto: istimewa-

Lapas Klas IIB Kota Banjar Didik Warga Binaan Agar Hidup Mandiri, Belajar Bikin Gerobak Sampah 

KOTA BANJAR, RADARTASIK.COM - Sejumlah warga binaan di Lapas Klas IIB Kota Banjar mengikuti kegiatan pembinaan dan pendidikan untuk kemandirian, mellaui kegiatan belajar membuah gerobak sampah dari bahan besi dan las.

Pembinaan kemandirian yang diikuti sejumlah warga binaan Lapas Klas IIB Kota Banjar tersebut agar kelas mereka keluar dari Lapas dan hidup bebas, memiliki keahlian sebagai bakal untuk mencari nafkah.

"Warga binaan ikut pembinaan kemandirian khusus dalam bidang las produksi," ucap Kalapas Klas IIB Kota Banjar Mohamad Maolana melalui Kasubsi Kegiatan Kerja Donny Irawan, Rabu 13 September 2023. 

BACA JUGA:Belanja Pakai Saldo OVO Cash Bisa Dapat Diskon Potongan Harga Hingga Rp75 Ribu, Yuk Serbu

Sebelum mengikuti pembinaan kemandirian, ada metode pelatihan yang harus diikuti warga binaan mulai dari materi teknis hingga praktek. 

Materi teknis berupa teori tentang teknik pengelasan. Lalu setelah diberi penjelasan dilanjutkan dengan praktek membuat gerobak sampah. 

Pembuatan gerobak sampah yang nantinya akan dimanfaatkan untuk pengelolaan sampah di wilayah Kota Banjar.

"Pembuatan gerobak sampah ini diikuti 40 orang warga binaan Lapas Klas IIB Kota Banjar, sebagai bekal nantinya ketika selesai menjalani masa pidananya," jelasnya. 

BACA JUGA:Bersejarah! Honda Super Cub C125 Model Year 2024, Pertahankan Desain Motor Retro Sejak 1958

Warga binaan yang mengikuti pembinaan kemandirian pembuatan gerobak sampah bertempat di bengkel kerja Lapas Klas IIB Kota Banjar.

Pembuatan gerobak sampah hasil karya warga binaan Lapas Klas IIB Kota Banjar yang mengikuti program pembinaan kemandirian pokja las produksi bukan yang pertama kali.

Namun, pada saat momen Hari Jadi Kota Banjar tahun 2023 pun Wali Kota Banjar memesan 10 gerobak sampah untuk digunakan mengangkut sampah. 

"Pembinaan kemandirian pembuatan gerobak sampah hasil kerjasama dengan salah satu perusahaan," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: