Waduh! Ribuan Warga Kota Banjar Belum Punya e-KTP

Waduh! Ribuan Warga Kota Banjar Belum Punya e-KTP

Ribuan warga Kota Banjar belum punya e-KTP. Sosialisasi tentang e-KTP oleh Disdukcapil Kota Banjar.-Foto: istimewa-

Waduh! Ribuan Warga Kota Banjar Belum Punya e-KTP 

KOTA BANJAR, RADARTASIK.COM - Ada ribuan warga Kota Banjar yang belum punya e-KTP.

Dari data yang ada jumlah warga Kota Banjar yang belum punya e-KTP ada 2.839 orang. Mereka yang belum punya e-KTP karena belum melakukan perekaman. 

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjar H Heri Sapari melalui Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data, Iwan Kustiawan mengatakan jumlah tersebut berdasarkan data dari pusat. 

BACA JUGA:Begini Cara Pengajuan KUR BRI Secara Online, Solusi Pinjaman untuk UMKM

"Data warga Kota Banjar yang belum punya e-KTP kebanyakan pemilih pemula atau pelajar yang belum berusia 17 tahun," ucapnya Kamis 7 September 2023. 

Maka dari itu, pihaknya meminta kerjasama dengan pihak desa dan kelurahan serta kecamatan agar mengajak warganya yang belum melakukan perekaman e-KTP agar segera. 

Jika tidak bisa dilakukan di kantor desa, kelurahan atau kecamatan, e rekaman warga Kota Banjar yang belum punya e-KTP bisa dilakukan perekaman e-KTP di kantor Disdukcapil Kota Banjar. 

"Ya ini kan baru sebatas perekaman dulu, e-KTP nya belum dicetak langsung jadi ketika usianya belum 17 tahun. Kalau sudah 17 tahun baru dicetak," tegasnya.

BACA JUGA:Brukkkkk! Tiang Listrik Rapuh Milik PLN Ambruk Timpa Rumah Petani  

Lanjut dia, pihaknya akan melakukan perekaman e-KTP secara mobile datang ke kantor desa, kelurahan, kecamatan hingga ke sekolah jika masih ada yang belum sama sekali melakukan perekaman. 

Artinya pihak desa, kelurahan maupun kecamatan bisa memfasilitasi warganya agar mau melakukan perekaman e-KTP. 

"Kemarin d beberapa hari yang lalu, dari pihak desa mengangkut warga Kota Banjar naik kendaraan untuk lakukan perekaman e-KTP," tambahnya. 

Pasalnya, perekaman e-KTP tidak bisa dilakukan secara terburu-buru karena ada data pribadi yang direkam menggunakan alat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: