Pemkab Ciamis Resah Angka Stunting Naik 2,6 Persen, Intruksikan OPD Kompak Menangani

Pemkab Ciamis Resah Angka Stunting Naik 2,6 Persen, Intruksikan OPD Kompak Menangani

Pembinaan Kader Pembangunan Manusia di Kabupaten Ciamis salah satunya meminta agar kader berperan aktif dalam penurunan angka stunting.-Foto:tangkapnalayar/dok Pemkab ciamis-

Pemkab Ciamis Resah Angka Stunting Naik 2,6 Persen, Intruksikan OPD Kompak Menangani

KAB.CIAMIS, RADARTASIK.COM - Pemkab Ciamis mulai resah angkasa stunting naik 2,6 persen dari tahun lalu.

Di tahun 2022 angka stunting di Kabupaten Ciamis ada di 16 persen, namun di tahun 2023 sekarang angka stunting naik menjadi 18,6 persen. 

Seperti kita ketahui stunting adalah kondisi gangguan pada tumbuh kembang anak yang diakibatkan oleh gangguang gizi dalam jangka waktu yang cukup panjang.

BACA JUGA:CARA Agar Bisa Top Up Saldo OVO Cash Hingga Rp20 Juta, Pengguna Baru OVO Harus Tahu!

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menyampaikan rasa sahnya saat mengetahui angka stunting naik, dalam acara pembinaan Kader Pembangunan Manusia (KPM) di Aula Setda  Kabupaten Ciamis pada Senin 4 September 2023.

Herdiat menyampaikan bila pihak Pemkab Ciamis resah angka stunting naik. Keresahan ini pun bukan tanpa alasan karena dengan angka stunting naik bisa mempengaruhi terhadap tumbuh kembang generasi di Ciamis ke depannya.

“Angka stunting naik dari 16 persen, sekarang 18,6 persen. Ada 2,6 persen kenaikannya dan ini membuat kami resah,” ungkapnya.

Dalam Peraturan Presiden Nomor 72 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Sunting mengamanatkan bahwa, penurunan stunting harus dilaksanakan secara konvergen, holistik, integratif dan berkualitas dengan kerjasama semua pihak dari mulai pemerintah pusat, pemerntah daeah, hingga pemerintah desa.

BACA JUGA:Maknai Hari Pelanggan Nasional 2023, BRI Terus Berikan Kualitas Layanan Terbaik

Untuk itu Pemkab Ciamis terus berupaya dengan selurh stakeholder melakukan penurunan angka stunting.

Juga meminta organisasi perangkat daerah atau OPD bisa kompak dalam penanganan stunting di Kabupaten Ciamis.

“Supaya tahun 2024 zero stunting. Meskipun memamng tidak bisa instan, tapi kita optimis dapat melalui semua. Ketiak semua stakeholder bersama-sama,” ungkapnya.

Jika seluruh OPD kompak, Herdiat optimis angka stunting di kabupaten Ciamis bisa turun. Meskipun sat ini angka stunting naik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: