Kereta Tanpa Masinis Pertama di Indonesia Layani Jabodebek

Kereta Tanpa Masinis Pertama di Indonesia Layani Jabodebek

Ini kereta tanpa masinis pertama di Indonesia yang melayani Jabodebek.-PT KAI-

BACA JUGA: Korban Bedol Desa, Beckham Putra Tinggalkan Persib Setelah Lawan Persija, Ini Penyebab Resminya

LRT Jabodebek beroperasi mengikuti jadwal yang telah diunggah ke sistem persinyalan di OCC.

Kemudian, seluruh operasional LRT Jabodebek berjalan secara otomatis dengan mengikuti jadwal yang telah ditetapkan.

Jadi, operator OCC hanya akan memantau jalannya LRT dan hanya akan mengintervensi jika ditemukan ketidaksesuaian seperti keterlambatan, gangguan suplai daya dan sebagainya.

Penggunaan GoA level 3 untuk LRT Jabodebek telah ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan melalui Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor KP 765 Tahun 2017.

BACA JUGA: Promo Kredit Mobil Suzuki Bagi PNS Bulan September 2023, Cek 5 Syarat Agar Pinjaman Gampang Disetujui

KAI berkomitmen untuk memenuhi ketentuan teknis, operasional dan keselamatan LRT Jabodebek sesuai dengan kriteria desain yang sudah diatur dalam regulasi pemerintah tersebut.

LRT Jabodebek telah terlindungi Automatic Train Protection (ATP) dan Interlocking & Zone Controller dari segi keselamatan.

LRT Jabodebek terlindungi dari over speed dan jaminan pengereman yang andal dengan adanya Automatic Train Protection tersebut.

Sedangkan jaminan tidak ada kesalahan pembentukan rute dan mendistribusikan otorisasi kontrol operasional LRT dijamin Interlocking & Zone Controller.

BACA JUGA: Pedang Battousai si Pembantai yang Patah saat Menghadapi Soujiro di Rurouni Kenshin Ternyata Sakabatou Shinko

Keunggulan CBTC GoA level 3 antara lain seluruh operasi kereta dilakukan secara otomatis sehingga mengurangi potensi kecelakaan akibat human error, meningkatkan akurasi jadwal kereta dan dapat mengoptimalkan jadwal perjalanan.

Saat ini PT KAI bersama seluruh stakeholders terus melakukan langkah-langkah progresif terhadap teknologi LRT Jabodebek.

Sehingga, perjalanan LRT Jabodebek semakin mulus dan presisi dapat melayani masyarakat dengan maksimal saat pengoperasian secara penuh.

Pengoperasian kereta dengan sistem CBTC GoA level 3 yang digunakan LRT Jabodebek juga diterapkan di Amerika Serikat, Brazil, Tiongkok, Singapura, Spanyol, Inggris, Jepang dan beberapa negara di belahan dunia lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: