Cara Pelajar SD Tasikmalaya Sambut Hari Kemerdekaan ke-78 dengan Membawa Semangat Toleransi dan Persaudaraan

Cara Pelajar SD Tasikmalaya Sambut Hari Kemerdekaan ke-78 dengan Membawa Semangat Toleransi dan Persaudaraan

Pertunjukan seni kolaborasi lintas agama dan budaya memeriahkan Dulur Ulin pelajar SD Yos Sudarso di Pondok Pesantren Sabilul Huda, Selasa 15 Agustus 2023. rezza rizaldi / radartasik.com--

Cara Pelajar SD Tasikmalaya Sambut Hari Kemerdekaan ke-78 dengan Membawa Semangat Toleransi dan Persaudaraan

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Hingar bingar berbagai kegiatan masyarakat menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 kian hari semakin terasa khususnya di Kota Tasikmalaya.

Tak hanya berbagai ornamen hiasan dan gapura terpasang di setiap sudut jalan serta gang, para pelajar pun turut antusias menyambut Perayaan Hari Kemerdekaan Agustusan. Hal itu seperti yang dilakukan para pelajar SD Yos Sudarso

Sebagai sekolah Katolik, sekitar 200 pelajar SD Yos Sudarso melakukan kegiatan dengan membawa semangat toleransi dan persaudaraan lintas iman mengunjungi Pondok Pesantren Sabilul Huda di Cikalang, Kecamatan Tawang, Selasa 15 Agustus 2023.

BACA JUGA:Profil Mantan Kapten Persija yang Resmi Gabung Persib, Pernah Bawa 2 Klub Juara Liga Indonesia

Sejak pagi hari, ratusan pelajar SD Yos Sudarso di Empangsari, Kecamatan Tawang sudah bersiap-siap. Mereka berjalan kaki menuju kompleks Pondok Pesantren Sabilul Huda sambil membawa sejumlah paket peralatan sekolah yang akan diberikan kepada para santri. 

Setibanya di kompleks pondok pesantren, para siswa Yos Sudarso disambut hangat oleh para santri dengan alunan hadroh.

Lalu mereka bermain bersama melakukan permainan tradisional seperti oray-orayan dan paciwit-ciwit lutung. Kegiatan ini diberi judul Dulur Ulin, yang berarti teman bermain.

Kemudian, beberapa orang tua juga turut serta meramaikan acara tersebut dengan pertunjukan seni kolaborasi lintas agama dan budaya. 


Para pelajar SD Yos Sudarso saat bermain permain tradisional bersama santri Pondok Pesantren Sabilul Huda. rezza rizaldi / radartasik.com--

Orang tua dari Gereja Katolik yang tergabung dalam kelompok Angklung Silih Asih itu, berkolaborasi dengan Gamelan Kontemporer Ki Pamanah Rasa untuk menyajikan lagu-lagu daerah dan nasional yang menambah semarak acara tersebut.

Atmosfer kebersamaan di pelataran kompleks pondok pesantren semakin meriah dan menarik ketika mereka makan siang bersama dengan bergaya Balakecrakan, serta pemberian santunan dari anak-anak.

"Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan kita yang ke-78," ujar Kepala SD Hos Sudarso, Margareta Yunita kepada radartasik.com.

"Anak-anak kita dari SD Yos Sudarso diajak bersama untuk bermain bersama, berteman bersama dan bersaudara bersama dengan saudara-saudara kita dari Pondok Pesantren Sabilul Huda," sambungnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: