Waspada Kanker Serviks! Ribuan Anak Perempuan di Kota Banjar Diimunisasi

Waspada Kanker Serviks! Ribuan Anak Perempuan di Kota Banjar Diimunisasi

Wakil Wali Kota Banjar H. Nana Suryana saat menyaksikan imunisasi untuk pencegahan kanker serviks di SDN 1 Kota Banjar, Rabu 9 Agustus 2023.-Foto: anto sugiarto/radartasik.disway.id-

Waspada Kanker Serviks! Ribuan Anak Perempuan di Kota Banjar Diimunisasi

KOTA BANJAR, RADARTASIK.COM - Pemerintah Kota Banjar Jawa Barat terus berupaya untuk bisa mengantisipasi tingginya anak kanker serviks terhadap perempuan di Kota Banjar.

Salah satu upaya yang diakukan pemerntah adalah dengan memberikan imunisasi kepada ribuan anak perempuan di Kota Banjar.

Saat ini tercatat ada 1.529 anak perempuan di Kota Banjar yang menjadi target sasaran untuk diberi imunisasi pencegahan kanker serviks.

BACA JUGA:Lawan Persib, Pengakuan Jujur Pelatih Persis Solo: Kita Hari Ini Menyerah di Penguasaan Bola Tapi…

Kanker serviks atau kanker mulut rahim pada perempuan yang disebabkan oleh human papiloman virus (HPV) merupakan salah satu penyebab tingginya angka kematian wanita di Indonesia.

Maka sebagai antisipasi, sejak dini harus dicegah dengan pemberian imunisasi HPV tersebut ke ribuan anak perempuan di Kota Banjar, yang bila bersekolah adalah siswi kelas V dan VI SD atau usia 11 tahun dan 12 tahun.

Hal tersebut yang saat ini dilakukan oleh pemerintah dengan menyasar ribuan anak perempuan di Kota Banjar untuk dilakukan imunisasi HPV sebagai bentuk pencegahan kanker serviks. 

"Imunisasi HPV ini adalah upaya pemerintah untuk mencegah penyebab kanker serviks," ucap Wakil Wali Kota Banjar H Nana Suryana, Rabu 9 Agustus 2023 usai menghadiri imunisasi HPV di SDN 1 Kota Banjar. 

BACA JUGA:Bocah 11 Tahun di Tasikmalaya Tenggelam saat Mencari Layangan Putus

Menurutnya, imunisasi tersebut dilakukan sebagai bentuk pencegahan karena lebih baik daripada mengobati, jika nanti sudah terjangkit kanker serviks. 

Pasalnya, kanker serviks disebabkan oleh virus yang harus dicegah sejak usia dini khususnya bagi ribuan anak perempuan di Kota Banjar. 

"Orang tua juga harus memahami, karena penularannya juga bisa terjadi dari ibu ke anak sejak masih dalam kandungan maupun menyusui," jelasnya. 

Dengan diberikannya imunisasi ini untk ribuan anak di Kota Banjar diharapkan bisa bermanfaat bagi generasi muda, khususnya peremuan agar ke depannya lebih sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: