Dampak Polusi Udara Ancam Perkembangan Anak, Sebabkan Gangguan Kognitif dan Stunting

Dampak Polusi Udara Ancam Perkembangan Anak, Sebabkan Gangguan Kognitif dan Stunting

Polusi udara ancam perkembangan anak karena bisa gangguan kognitif dan timbulkan stunting.-Ilustrasi-

Dampak Polusi Udara Ancam Perkembangan Anak, Sebabkan Gangguan Kognitif dan Stunting

RADARTASIK.COM – Polusi udara yang parah sering kali dihubungkan dengan masalah pernapasan, namun kenyataannya, polusi udara juga dapat mempengaruhi perkembangan anak secara keseluruhan. 

Dokter Agus Dwi Susanto, seorang dokter spesialis paru, mengungkapkan bahwa anak-anak yang terpapar polutan atau zat berbahaya yang menyebabkan polusi udara setiap hari dapat mengalami gangguan dalam pertumbuhan dan perkembangan, termasuk gangguan kognitif.

Menurut Prof Agus, sekitar dua miliar anak di seluruh dunia terkena dampak dari polusi udara berat yang berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan mereka, termasuk gangguan kognitif.

BACA JUGA: Bojan Hodak Tersandung Ujian Kedua, Persib Dikalahkan Persis Solo oleh 2 Gol Ramadhan Sananta

Polusi udara yang masuk melalui saluran pernapasan anak dapat mencapai otak dan menyebabkan peradangan serta neurodegenerasi, yang merupakan penurunan fungsi otak dengan hilangnya sel saraf secara bertahap.

Prof Agus menjelaskan bahwa peradangan dan neurodegenerasi akibat polusi udara dapat berpengaruh signifikan terhadap kognitif anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. 

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa peningkatan polutan udara berhubungan dengan tingkat intelegensi dan kemampuan intelektual yang lebih rendah pada anak-anak di bawah usia 2 tahun, anak usia prasekolah, dan anak usia sekolah.

Selain gangguan kognitif, Prof Agus juga menyatakan bahwa polusi udara juga terkait erat dengan masalah stunting pada anak.

BACA JUGA: Gebyar Muharaman 1445 H, Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto Bagikan Bantuan

Stunting adalah bentuk malnutrisi yang ditandai dengan pertumbuhan tubuh yang lebih pendek dari rata-rata dan tidak sesuai dengan usia.

Polutan yang dihirup anak dapat mengganggu sistem sirkulasi pernapasan, yang pada gilirannya mengurangi jumlah oksigen yang masuk ke dalam tubuh. 

Gangguan sirkulasi oksigen ini dapat menghambat pertumbuhan anak secara keseluruhan.

Riset di berbagai negara, seperti Bangladesh, Afrika dan China, menunjukkan bahwa polusi udara meningkatkan risiko stunting pada anak dua kali lipat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: