Jalan Tol Getaci di Kota Tasikmalaya Tak Akan ‘Tabrak’ Pemukiman, Harga Tanah Bisa Naik Nih!

Jalan Tol Getaci di Kota Tasikmalaya Tak Akan ‘Tabrak’ Pemukiman, Harga Tanah Bisa Naik Nih!

Wilayah Kelurahan Ciakar Kecamatan Cibeureum yang merupakan perbatasan jalan tol Getaci di Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Tasikmalaya bagian Timur.-Foto:tangkapanlayar/dok map-

Jalan Tol Getaci di Kota Tasikmalaya Tak Akan ‘Tabrak’ Pemukiman, Harga Tanah Bisa Naik Nih!

KOTA TASIK, RADARTASIK.COM - Pembangunan jalan tol Getaci yang akan melewati 4 kecamatan dengan 15 kelurahan di Kota Tasikmalaya, diupayakan tidak akan ‘tabrak’ pemukiman warga atau tidak akan melintas di lokasi yang padat penduduk.

Namun akan mencari area-area luas yang minim dari pemukiman warga. Hal itu sempat disampaikan oleh salah seorang tokoh Kota Tasikmalaya yang juga pemerhati pembangunan di Kota Tasikmalaya, Ir. H. Tarlan, M.Pd.

Menurut Tarlan, semas dirinya menjadi Kepala Bapelitbangda Kota Tasikmalaya rencana tersebut sudah mulai disosialisasikan dari pemerintah pusat mapan dari provinsi Jawa Barat.

BACA JUGA:Pemkot Tasikmalaya Bagikan Susu untuk Baduta Stunting, Eh Tahunya Malah Dijual di Medsos!

“Biasanya lahan yang digunakan bukan lahan padat penduduk, tapi lahan kosong luas. Meskipun kalau untuk exit tol Getaci belum berubah masih sesuai rencana kedua yaitu di Jalan Sewaka untuk yang wilayah Kota Tasikmalaya, ungkapnya.

Dengan adanya pembangunan jalan tol Getaci, kata tarlan, selain diharapkan terjadinya peningkatan ekonomi masyarakat juga akan berpengaruh pada pendpatan asli daerah atau PAD dari sektor Pajak Bumi Bangunan (PBB). 

Harga tanah di sekitar exit tol Getaci mauapun yang ada di sekitar jalan tol bisa jadi akan mengalami kenaikan nilai jual, sehingga juga berpengaruh pada kenaikan perhitungan PBB.

“Bagi masyarakat manfaatnya bagi yang punya lahan dan terlewati bakal ada ganti untung Sekarang namanya bukan ganti rugi tapi ganti untung, jadi kalau pembebasan lahan milik masyarakat harus untung,” ungkapnya.

BACA JUGA:Seleb Malaysia Semprot ke Matty Healy

Exit Tol Getaci di Kota Tasikmalaya rencananya akan ditempatkan di sekitar Jalan Sewaka Kota Tasikmalaya. Namun, letak titik tepatnya masih menunggu penetapan lokasi dari pemerintah.

Anggota DPRD Kota Tasikmalaya dari Daerah Pemilihan Kecamatan Kawalu dan Kecamatan Mangkubumi, H. Murjani SE.MM, yang juga anggota Badan Anggaran DPRD Kota Tasikmalaya, mengungkapkan harapan besar terhadap pembangunan jalan Tol Getaci yang akan melintasi Kota Tasikmalaya.

Murjani menyampaikan informasi bahwa exit Tol Getaci untuk Kota Tasikmalaya akan dibangun di sekitar Jalan Sewaka. Namun, belum ada informasi pasti tentang perubahan terkait exit Tol Getaci, dan proyek tersebut masih mengalami penundaan dari pusat.

Dalam mempersiapkan hadirnya jalan Tol Getaci di wilayah Kota Tasikmalaya, Murjani menekankan bahwa pemerintah Kota harus melanjutkan pembangunan infrastruktur untuk sambungan-sambungan dari exit Tol Getaci, seperti jalan lingkar timur utara yang belum selesai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber