Babi Hutan masuk Pemukiman Warga Cipurut Ciamis, Diduga Ini Penyebabnya

Babi Hutan masuk Pemukiman Warga Cipurut Ciamis, Diduga Ini Penyebabnya

Tangkap layar video babi hutan ke pemukiman warga.-Istimewa-

CIAMIS, RADARTASIK.COM-Salah satu warga di Dusun Cipurut Desa Cisaga, Kecamatan Cisaga, Kabupaten CIAMIS merekam video segerembolan babi hutan masuk pemukiman warga.

Video berdurasi 18 detik itu tampat empat ekor babi hutan melintas ditepi sebuah lapangan voli  dalam area pemukiman warga.

“Ya Allah, meni gede pisan (Ya Allah, Besar Sekali, Red),” ujarnya seperti terdengar dalam rekaman video yang diterima Radar, Jumat (21/7/2023).

Kepala Desa Cisaga Toha Efendi membenarkan kejadian tersebut. Bahkan, dalam kurun waktu sebulan terakhir, telah terjadi masuknya hewan-hewan liar seperti babi hutan, monyet, dan lutung ke pemukiman warga.

BACA JUGA:HORE, Pelatih Baru Persib Segera Tiba di Bandung, Ini Bocoran Sosoknya

“Monyet dan lutung juga ada,” ujarnya ketika dikonfirmasi mengenai fenomena itu kemarin.

Empat ekor babi hutan bahkan sudah ditangkap oleh warga karena berada di pemukiman. Dua diantaranya ditangkap dengan dijerat dan yang dua lainnya dengan cara ditembak.

Sedangkan untuk moyet dan lutung hanya tampak sesekali.

Fenomena ini mungkin disebabkan oleh penebangan hutan di sekitar Dusun Cipurut, yang menyebabkan berkurangnya sumber makanan bagi hewan-hewan liar tersebut.

BACA JUGA:Pelatih Baru Persib Akan Bawa Gerbong Staf Pelatih Khusus, Siapa Mereka? Ini Kata Pengamat

“Kan hutan jati sekarang ditebang semuanya,” ungkapnya.

Kepala Desa, Toha Efendi, mengkoordinasikan upaya dengan masyarakat setempat untuk menangani masalah ini.

Warga diberdayakan untuk berjaga dan melakukan ronda agar hewan-hewan liar tersebut tidak lagi masuk ke pemukiman, terutama untuk mencegah gangguan dan potensi bahaya bagi anak-anak.

“Untuk sementara ini masyarakat melakukan ronda terus untuk menghalau babi hutan masuk (ke pemukiman) karena ditakutkan membahayakan kepada anak-anak,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: