37 Desa dan Kelurahan dari 7 Kecamatan di Kabupaten Garut yang akan Terlewati Tol Getaci

37 Desa dan Kelurahan dari 7 Kecamatan di Kabupaten Garut yang akan Terlewati Tol Getaci

Gambar peta proyek Tol Getaci. Istimewa-tangkapan layar ponsel--

Berdasarkan informasi dari Pu.go.id, jalan Tol Getaci akan menghubungkan dua provinsi besar. Yaitu Provinsi Jawa Barat sepanjang 171,40 km dan Provinsi Jawa Tengah sepanjang 35,25 km. Total panjang keseluruhan 206,65.

BACA JUGA:KABAR GEMBIRA Segera Cair Bansos Baru Sebesar Rp787 Miliar

Sebelumnya, pembangunan Tol Getaci telah melalui tahap penetapan lokasi (penlok) pada tahun 2022. Kemudian dilakukan lelang tang dimenangkan oleh konasorsium PT Jasamarga Gedebage Cilacap (JGC).

Konsorsium ini terdiri dari PT Jasa Marga, PT Daya Mulia Turangga-PT Gama Group-PT Jasa Sarana, PT Waskita Karya (Persero) Tbk, PT PP (Persero) Tbk dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.

Menurut rencana, pembangunan Tol Getaci akan dibagi menjadi 4 seksi. Yaitu Seksi 1 Junction Gedebage-Garut Utara sepanjang 45,20 kilometer. 

Kemudian seksi 2 mulai dari Garut Utara-Tasikmalaya Sepanjang 50,32 kilometer. 

BACA JUGA:Waspada BPOM Rilis Kosmetik yang Mengandung Bahan Merkuri, Efeknya Mengeringkan Dapat Menyebabkan Kanker Kulit

Seksi 1 dan 2 akan dikerjakan lebih dulu supaya jalur kendaraan roda 4 dengan tujuan Bandung-Tasik bisa menghindari tanjakan Gentong dan Nagreg yang rawan kecelakaan. Targetnya selesai tahun 2024.

Setelah itu baru kemudian menggarap, seksi 3 Tasikmalaya-Patimuan sepanjang 76,78 km kilometer, dan seksi 4 dari Patimuan-Cilacap sepanjang 34,35 kilometer. Pembangunan tahap 2 ini ditargetkan mulai pada 2027 dan selesai 2029.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: