Stasiun dengan Jalur KA Terbanyak Bukan di Jakarta Apalagi Tasikmalaya, Silakan Cek di Sini

Stasiun dengan Jalur KA Terbanyak Bukan di Jakarta Apalagi Tasikmalaya, Silakan Cek di Sini

Stasiun dengan Jalur KA terbanyak bukan di Jakarta apalagi Tasikmalaya, silakan cek.-Instagram@sahabat_kereta-

Stasiun dengan Jalur KA Terbanyak Bukan di Jakarta Apalagi Tasikmalaya, Silakan Cek di Sini

RADARTASIK.COM – Sebagian orang mungkin akan menebak stasiun dengan jalur KA terbanyak berada di Jakarta.

Wajar jika orang menebak seperti itu karena hampir semua kereta api masuk ke daerah ibu kota negara Indonesia. Di Jakarta juga terdapat KRL dan LRT.

Ternyata, stasiun dengan jalur kereta terbanyak bukan di Manggarai, Jakarta, apalagi Tasikmalaya. Justru ada di Kota Surabaya, tepatnya di Stasiun Sidotopo.

BACA JUGA: HORE, Raja Umpan Silang Resmi Gabung Persib dari Persija Jakarta, Ini 5 Jadwal Resmi Persib Selama Juli 2023

Stasiun Sidotopo punya 17 jalur kereta api dilengkapi dengan balloon loop untuk memutar lokomotif. Mirip Stasiun Purwakarta, Stasiun Sidotopo juga menjadi rumah peristirahatan lokomotif, gerbong dan kereta yang sudah pensiun.

Ternyata, stasiun pemegang rekor dengan jalur kereta terbanyak bukan untuk naik dan turun penumpang umum. Saat ini stasiun itu tertutup untuk masyarakat umum.

Seperti pernah dialami netizen pemilik akun Instagram@ditojan. ”Beberapa tahun yg lalu (klo ga salah 2016), Sidotopo pernah masuk di iklan G*ogle yg waktu itu mengangkat objek2 menarik di Surabaya, tapi pas saya di Surabaya waktu itu dan coba2 ke Sidotopo ternyata bukan untuk umum, perlu ijin, pengalaman yg menarik.”

Sedangkan akun Instagram @dytomalik menanyakan, ”Min, apakah st Sidotopo sudah boleh dibuka untuk umum seperti dulu? Klo tidak salah sempat ditutup untuk umum, dibikin kayak tour sekitar stasiun seru juga min, wisata edukasi.”

BACA JUGA: Legenda Inter Milan Sebut Pemilik AC Milan Cuma Cari Keuntungan dengan Memecat Paolo Maldini

Stasiun Sidotopo dibangun pada tahun 1918 oleh SS (Staatsspoorwegen) seiring dengan semakin ramainya angkutan barang kereta api.

Nama lengkap SS yakni Staatsspoor en Tramwegen in Nederlandsch, sebuah perusahaan Jalur Kereta Api Negara dan Jalur Trem di Hindia Belanda (nama sebuah perusahaan kereta api di Hindia Belanda).

Daerah yang dipilih sebagai Stasiun Sidotopo merupakan sisi paling timur Surabaya. Berbatasan dengan distrik Djabakota (luar kota). Dulunya didominasi rawa-rawa.

Stasiun ini memiliki 17 jalur aktif dan jalur balloon loop atau pemutar lokomotif. Hal ini menjadikan Stasiun Sidotopo sebagai statiun dengan jalur aktif terbanyak di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: