Ungkap Biaya konversi motor BBM ke motor listrik, Ridwan Kamil Ajak Masyarakat Manfaatkan Subsidi

Ungkap Biaya konversi motor BBM ke motor listrik, Ridwan Kamil Ajak Masyarakat Manfaatkan Subsidi

Gubernur Jabar Ridwan Kamil usai mengikuti Electric Vehicle Fun Riding di halaman depan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jabar.-Humas Pemprov Jabar-

Ungkap Biaya konversi motor BBM ke motor listrik, Ridwan Kamil Ajak Masyarakat Manfaatkan Subsidi

BANDUNG, RADARTASIK.COM – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan subsidi motor listrik sebesar Rp7 juta bisa digunakan membeli unit baru maupun konversi motor BBM ke motor listrik.

Karena itu, Ridwan Kamil mendorong masyarakat untuk memanfaatkan subsidi pembelian kendaraan listrik yang dapat dipakai sehari-harian.

”Sampaikan ke masyarakat, tolong subsidi Rp7 juta untuk pembelian kendaraan motor listrik segera dimanfaatkan baik subsidinya dengan cara membeli motor listrik baru atau mengonversi motor bensin yang dipakai sehari-hari,” ujar dia, Minggu 25 Juni 2023.

BACA JUGA: AMANKAH Kosmetik Tabir Surya Mengandung 4-MBC? BPOM Beri Penjelasan Begini

Kang Emil —sapaan akrab Ridwan Kamil— sudah mengecek ke bengkel konversi bahwa biaya konversi motor BBM ke motor listrik dibutuhkan antara Rp9 juta – Rp10 juta. 

”Kalau mengonversi saya cek ke montir rata-rata Rp9 juta sampai Rp10 juta, berarti kalau disubsidi Rp7 juta, maka cukup Rp2 juta sampai Rp3 juta motornya sudah tidak perlu beli BBM lagi alias jadi motor listrik di bengkel-bengkel yang ada dan teruji,” jelas dia seperti dilansir laman Portal Jabarprovgoid.

Saat ini sudah ada 4 bengkel resmi konversi kendaraan di Jabar yang tergabung dalam forum komunitas masyarakat pengguna kendaraan listrik Jabar.

Dia meminta masyarakat lebih peduli terhadap kondisi suhu dunia yang makin panas, peningkatan ketinggian air laut, tergerusnya daratan hingga gelombang panas yang diakibatkan tingginya penggunaan karbon, salah satunya dari BBM kendaraan.

BACA JUGA: Kode Nomor Mobil Pejabat Bukan Kombinasi RF Lagi Tetapi...

”Ini harus jadi kepedulian bersama karena dunia ini makin lama makin panas, air laut makin meningkat, tanah daratan makin tergerus, bencana iklim seperti gelombang panas sudah mulai hadir,” ujar dia.

Kang Emil menyampaikan itu semua usai mengikuti EV (Electric Vehicle) Fun Riding di halaman depan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jabar.

EV Fun Riding merupakan bagian dari rangkaian West Java Energy Forum (WJEF) 2023 Road to West Java Investment Summit yang diinisiasi Pemda Provinsi Jabar melalui Dinas ESDM Jabar bekerja sama dengan BI Kantor Perwakilan Jabar.

WJEF 2023 merupakan forum lintas sektoral yang diharapkan mampu melahirkan komitmen bersama untuk mendukung dan mengakselerasi proses transisi energi, khususnya di Jabar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: