Kenali Wajib Pajak Kendaraan, Mulai dari Manfaat Hingga Cara Membayarnya

Kenali Wajib Pajak Kendaraan, Mulai dari Manfaat Hingga Cara Membayarnya

Kenali wajib pajak kendaraan mulai dari manfaat hingga cara membayarnya.-Wuling-

Kenali Wajib Pajak Kendaraan, Mulai dari Manfaat Hingga Cara Membayarnya

RADARTASIK.COM – Sebagian besar orang mungkin akan membayar pajak kendaraan hanya untuk menghindari denda saja tanpa tahu banyak manfaat lainnya. Padahal lebih daripada itu, pajak kendaraan sebenarnya punya fungsi tersendiri yang memberikan dampak baik bagi pengendara maupun negara.

Oleh karena itu, Anda harus lebih memahaminya agar membayar pajak kendaraan tak lagi hanya dijadikan sebuah beban. Apalagi sekarang cara membayarnya juga sangat mudah menggunakan aplikasi Blibli yang dilakukan secara daring. Yakni tinggal mengisi nama daerah, misalnya jika Anda warga Jawa Barat maka Anda bisa cek pajak kendaraan Jawa Barat.

Dengan demikian, proses pembayaran bisa lebih meaningfull tentunya dengan cara yang lebih praktik. Untuk sadar dan bijak pentingnya pajak kendaraan ini, simak ulasan berikut dan pelajari juga cara membayarnya agar lebih efisien.

BACA JUGA: Kursi Ketua Muhammadiyah Kabupaten Tasikmalaya Diperebutkan 36 Kandidat, Siapa Saja Calonnya?

Sekilas mengenai Pajak Kendaraan

Pajak kendaraan adalah sumbangan wajib yang diberikan oleh pemilik kendaraan kepada negara sebagai sumbangsih dari fasilitas yang didapatkan. Sebab pengendara kendaraan bermotor membutuhkan fasilitas perjalanan yang perlu dibangun oleh negara.

Kewajiban ini perlu dibayarkan tepat waktu dan tidak boleh ada keterlambatan meskipun hanya sehari. Keterlambatan membayar pajak dapat mengakibatkan pemilik kendaraan akan mendapatkan sanksi yang telah ditetapkan.

Sanksi yang diberikan berikan berupa denda yang wajib dibayar sebesar 2 persen per bulan berdasarkan (KUPD) nomor 6 tahun 2010. Denda akan diberikan maksimal 24 bulan atau dua tahun dengan nominal maksimalnya adalah 48 persen.

BACA JUGA: Pendaftaran JFLS 2023 Resmi Dibuka, Ketahui Jenis Beasiswa JFLS yang Bisa Kamu Coba, Mahasiswa Jabar Catat!

Oleh karena itu, Anda harus cek kapan harus membayar pajak kendaraan menggunakan dengan melihat tanggalnya Surat Tanda Kendaraan atau STNK. Selanjutnya Anda bisa melihat tagihan yang perlu dibayar melalui Blibli dengan mengisi wilayah dan nomor polisi pada kolom yang tersedia.

Manfaat Pajak Kendaraan

- Menambah pendapatan negara dan atau daerah

Sebagai warga negara yang baik, tentu Anda wajib memberikan sumbangsih kepada pemerintah dan negara dengan taat pajak. Sebab dana yang masuk juga selanjutnya akan digunakan untuk pembangunan dan program tertentu yang bermanfaat bagi masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: