Cheka Turun Langsung Awasi Kesehatan Hewan Kurban di Kota Tasikmalaya Sebelum Idul Adha

Cheka Turun Langsung Awasi Kesehatan Hewan Kurban di Kota Tasikmalaya Sebelum Idul Adha

Pj Wali Kota Tasikmalaya, Cheka Virgowansyah saat monitoring hewan qurban di Kota Tasikmalaya, Jumat 23 Juni 2023. rezza rizaldi / radartasik.com--

Cheka Turun Langsung Awasi Kesehatan Hewan Kurban di Kota Tasikmalaya Sebelum Idul Adha

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Penjabat (Pj) Wali Kota Tasikmalaya, Cheka Virgowansyah, turun langsung awasi hewan kurban di Kota Tasikmalaya sebelum hari H Idul Adha.

Jumat 23 Juni 2023, Cheka didampingi Kapolres Tasikmalaya Kota, AKBP SY Zainal Abidin, Danlanud Wiriadinata, Letkol Pnb Adi Putra Buana dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3), Adang Mulyana melakukan pengawasan hewan qurban di Kota Tasikmalaya.

"Kami bersama Forkopimda mengawasi hewan qurban di Kota Tasikmalaya untuk mengantisipasi pencegahan dini kalau ada penyakit-penyakit hewan yang menular seperti PMK dan sebagainya," paparnya disela monitoring

BACA JUGA:HEBAT, 2 Siswa SDIT Kota Banjar Masuk Tim Olimpiade Indonesia untuk Ajang IMWiC Malaysia 2023

"Ternyata di lokasi yang kami cek sudah inklud dengan vaksinnya ya. Sekaligus kita mengecek juga vaksin-vaksin yang diperlukan para peternak ini," sambungnya.

Hal yang perlu dikhawatirkan mengapa pihaknya turun langsung mengawasi hewan qurban di Kota Tasikmalaya, terang dia, adalah penyakit hewan yang menular.

"Karena sebentar lagi kita akan Idul Adha, maka banyak sekali lalu lintas hewan kurban terutama sapi dan kambing," terangnya.

Cheka mengakui, beberapa titik lokasi penjualan sapi kurban yang telah dipantaunnya ternyata sudah divaksin. 

BACA JUGA:Ini Pengakuan Pemotor yang Ngaku Sipir Pukul Satpam RSIA Respati Tasikmalaya kepada Polisi

"Intinya kita harus memastikan kesehatan hewan yang akan dipotong pada Idul Adha nanti," tegasnya.

Kemudian, tambah Cheka, pihaknya juga mengecek lalu lintas hewan ternak melalui Surat Keterangan Kesehatan hewan (SKKH).

Dia menandaskan, antisipasi ini akan terus dilakukan pihaknya walaupun LSD atau PMK sampai kini belum ada di Kota Tasikmalaya.

"Tapi kita harus menjaga dan melakukan pencegahan dini," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: