Jenderal yang Mantan Kapolres Tasikmalaya Demi Bertahan Hidup Pernah Kuli Isi Galon Air

Jenderal yang Mantan Kapolres Tasikmalaya Demi Bertahan Hidup Pernah Kuli Isi Galon Air

Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Drs Suntana MSi saat menghadiri acara Soft Launching Film Arul Hadiah Terbaik Polres Tasikmalaya di Cinema XXI Transmart Tasikmalaya Jumat (20/5/2022).--radartasik.com--

Jenderal yang Mantan Kapolres Tasikmalaya Demi Bertahan Hidup Pernah Kuli Isi Galon Air

RADARTASIK.COM - Tidak banyak yang tahu kalau perjalanan hidup masa kecil mantan Kapolres Tasikmalaya Kota, Komisaris Jenderal Polisi Drs Suntana MSi tidak seberuntung anak seusianya.

Mantan Kapolres Tasikmalaya Kota yang kini menyandang pangkat bintang 3 itu, tahun lalu ketika menjadi Kapolda Jabar menceritakan kisah masa kecilnya.

Momen itu berlangsung ketika sang jenderal mantan Kapolres Tasikmalaya Kota usai menonton Film berjudul Arul, Hadiah Terbaik Polres Tasikmalaya di Cinema XXI Transmart Tasikmalaya, Jumat (20/5/2022). Tulisan terkait Komjen Suntana bisa klik di sini.

BACA JUGA:Asyikkkk ASN di Jawa Barat Boleh Work Form Anywhere, Wow Tidak Perlu Ngantor Nih

Jenderal bintang tiga itu tak kuasa menahan sedih. Dia tidak malu menyampaikan kesedihannya itu usia menonton film kisah nyata seorang anak kampong pelaku kriminal yang bertaubat.

Film yang diputar dalam soft launching ini, menurut manta Kapolres Tasikmalaya Kota itu, tidak jauh dengan perjalanan hidupnya di masa kecil. 

Kata sang jenderal dengan suara berat, Arul beruntung masih memiliki orang tua. 

Sementara pria kelahiran 2 Juni 1966 itu, sudah tidak memiliki ayah saat seusia Arul.

BACA JUGA:Coca-Cola Luncurkan Botol 100 Persen rPET di Indonesia

Suntana kecil yang tinggal di Garut Jawa Barat, harus menapaki hidup dalam keterpurukan ekonomi. 

Suntana tidak memiliki waktu bermain seperti bocah seusianya. Dia harus bekerja dengan upah lima rupiah saja. Semua dia jalani demi bertahan hidup.

"Saat itu untuk bertahan hidup saya harus menjual air dengan memasukan ke jerigen-jerigen, dan mengantarkannya ke rumah-rumah yang memesannya. Setiap mengantarkan air dalam jerigen itu mendapatkan lima rupiah. Saat itu umur saya 13 tahun," kenang perwira tinggi Polri yang sejak 27 Maret 2023 menjabat wakil kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Suntana saat itu mengatakan dirinya bersyukur, karena doa orang tua, berkah dari Allah SWT bisa mengantarkannya menjadi Kapolda Jawa Barat. Lalu kini naik pangkat menjadi jenderal bintang tiga. Klik di sini untuk tulisan Komjen Suntana lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: