Tanda Hari Kiamat Ketika Matahari Terbit dari Barat, Jumat Hari Kiamat Menurut Hadist Nabi Muhammad

Tanda Hari Kiamat Ketika Matahari Terbit dari Barat, Jumat Hari Kiamat Menurut Hadist Nabi Muhammad

Ilustrasi hari kiamat yang menurut hadist Nabi Mumammadakan terjadi hari Jumat-istimewa-

Tanda Hari Kiamat Ketika Matahari Terbit dari Barat, Jumat Hari Kiamat Menurut Hadist Nabi Muhammad

 

RADARTASIK.COM - Tanda kiamat ketika matahari terbit dari barat banyak diterangkan menurut hadist Nabi Muhammad. 

Kiamat menurut hadist Nabi Muhammad seperti berikut ini, "Kiamat tidak akan terjadi kecuali setelah matahari terbit dari barat. Pada saat itu tidak bermanfaat lagi iman seseorang yang belum beriman sebelum itu atau belum melaksanakan kebaikan pada masa hidupnya." (HR Bukhari).

Walaupun ada keterangan kiamat menurut hadist Nabi Muhammad bahwa kiamat terjadi di hari Jumat, dan tanda kiamat setelah matahari terbit dari barat, tetapi hari pastinya tetap menjadi misteri. Hanya Allah SWT saja yang tahu.

Satu yang harus umat Islam imani adalah hari akhir alam semesta itu datang secara tiba-tiba.

Hari kiamat tetap tidak ada orang yang mengetahui kedatangannya. Hanya Allah SWT yang mengetahuinya. Lihat keterangan surah Al A'raf ayat 187:

BACA JUGA:DIANJURKAN! Inilah Amalan Sunah di Bulan Zulhijah

 

 يَسْـَٔلُونَكَ عَنِ ٱلسَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَىٰهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ رَبِّى ۖ لَا يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَآ إِلَّا هُوَ ۚ ثَقُلَتْ فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ ۚ لَا تَأْتِيكُمْ إِلَّا بَغْتَةً ۗ يَسْـَٔلُونَكَ كَأَنَّكَ حَفِىٌّ عَنْهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ ٱللَّهِ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ ٱلنَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

Artinya: Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: "Bilakah terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba". Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang hari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui."

 

Kepastian akan datangnya hari kiamat diwahyukan Allah kepada Nabi Muhammad dalam Al Qur’an surat Thaha ayat 15:

“Sesungguhnya hari Kiamat itu (pasti) akan datang. Aku hampir (benar-benar) menyembunyikannya. (Kedatangannya itu dimaksudkan) agar setiap jiwa dibalas sesuai dengan apa yang telah dia usahakan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: