Bus Merdeka ‘Si Kijang Biru’ dari Ciamis, Punya Saudara Bernama ‘Gagak Rimang’

Bus Merdeka ‘Si Kijang Biru’ dari Ciamis, Punya Saudara Bernama ‘Gagak Rimang’

Armada bus Merdeka yang punya panggilan ‘Si Kijang Biru” ternyata punya saudara bernama ‘Gagak Rimang’-Foto:tangkapanlayar/dok merdeka-

4. Satria Dharma (yang dibeli dari PO Budi Dharma)

5. Gardena

6. Sakura

BACA JUGA:Allahu Akbar! Ternyata di Dunia Ini Ada Sungai Surga Tanda Kiamat

7. Bintang Permata Sari (rute trayek Sumatera)

8. Gagak Rimang

9. Waspada

BACA JUGA:KOK Ada Istilah Marketplace untuk Guru Full Talenta! Apaan Itu? Begini Penjelasan Mas Menteri

‘Si Kijang Biru’ munculnya nama itu terlihat dari logo PO Merdeka yang nampak seperti seekor kijang yang sedang menengok.

Walau logo tersebut tidak nampak dengan jelas, namun banyak para pecinta PO Merdeka yang menyebut bahwa logo tersebut adalah bintang Kijang.

Sedangkan warna biru berasal dari warga body bus tersebut yang memang identik dengan warna biru.

BACA JUGA:Allahu Akbar! Ternyata di Dunia Ini Ada Sungai Surga Tanda Kiamat

Selam beroperasi, PO Merdeka banyak menggunakan chasis Mercedes Benz, ada juga chasis Mercy LP 911, yang kemudian diganti dengan seri OH 1518 dan OH 1525. Sedangkan untuk karoserinya menggunakan Rahayu Sentosa, Marcopolo juga Adiputro. 

Beberapa anak perusahaan dari PO Merdeka juga identik menggunakan simbol-simbol dari binatang seperti Gagak Rimang bersimbol burung gagak, kemudian Bintang Permata Sari menggunakan gambar burung pelikan dan gambar laut.

Meskipun tidak sejaya pada tahun 1970an hingga tahun 2000an, saat ini perusahaan PO Merdeka Group tetap menjalani beberapa rute. Baik rute lam dan rute baru. Selain itu juga anak perusahaan dari PO Merdeka masih beroperasi dengan beberapa rute baik itu AKAP, AKDP maupun bus Pariwisata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: