Bandara Komodo Siap Menyambut KTT ASEAN ke-42, Menhub Budi: Penerbangan Reguler Tetap Beroperasi

Bandara Komodo Siap Menyambut KTT ASEAN ke-42, Menhub Budi: Penerbangan Reguler Tetap Beroperasi

Bandara Komodo siap menyambut KTT ASEAN ke-42, Menhub Budi: Penerbangan reguler tetap beroperasi.-kemenhub-

RADARTASIK.COM - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, Bandara Komodo siap menyambut KTT ASEAN ke-42.

Menhub Budi menyampaikan, selama pelaksanaan KTT ASEAN, Bandara Komodo akan melayani lima jenis penerbangan yaitu VVIP, militer, charter, private, dan penerbangan reguler.

Untuk menjamin keselamatan dan keamanan, kata Budi, Kemenhub telah melakukan sejumlah pengaturan untuk menyeimbangkan pergerakan kelima jenis penerbangan tersebut.

''Selama kegiatan KTT ASEAN berlangsung, kami tidak menutup akses penerbangan reguler dari dan ke Labuan Bajo, bahkan operasional bandara kami buka 24 jam dan ada penambahan atau extra flight, untuk penerbangan reguler,'' ujarnya, Minggu 7 Mei 2023.

BACA JUGA:KPU Kota Banjar Baru Terima 1 Pendaftar Bacaleg, PKS Targetkan Jumlah Kursi Naik Pada Pileg 2024

Hal itu tertuang dalam Surat Edaran Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor SE 6 Tahun 2023 tentang Pengaturan Operasional Penerbangan Selama Penyelenggaraan KTT ASEAN ke-42 Tahun 2023 di Bandara Komodo, Labuan Bajo, yang telah diterbitkan pada 18 April 2023 dan mulai berlaku pada 7 hingga 13 Mei 2023.

Budi menghimbau agar pengelola maskapai dan bandara untuk aktif menyampaikan informasi kepada para penumpang sesuai dengan Surat Edaran yang telah disampaikan.

"Sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada Surat Edaran. Seperti misalnya, informasi perubahan jadwal penerbangan, penundaan, pembatalan, kompensasi, proses refund, dan lain sebagainya,'' jelasnya.

Perlu diketahui, Kemenhub menghimbau bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan dari dan ke Labuan Bajo untuk memperhatikan jadwal penerbangan.

BACA JUGA:UPDATE Jalan Cidugaleun Ambalas, Pemerintah Bangun Jalan dan Jembatan Darurat untuk Akses Warga

Khususnya pada tanggal 9 Mei 2023 yang menjadi hari puncak kedatangan pesawat VVIP dan kepulangan pesawat VVIP pada 11 Mei 2023.

Kemenhub telah melakukan pengaturan agar penerbangan reguler tetap beroperasi selama pelaksanaan KTT ASEAN ke-42.

Pengaturan yang dilakukan yakni seluruh pesawat VVIP negara anggota ASEAN akan parkir menginap (Remain Overnight/RON) di Bandara I Gusti Ngurah Rai Denpasar, Bali, di Apron Utara dan Apron Selatan.

Sekedar informasi, pelaksanaan KTT ASEAN ke-42 akan dilaksanakan pada 9-11 Mei 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kemenhub