Jelang KTT ASEAN, Bagaimana Kesiapan Sarana dan Prasarana Transportasi di Labuan Bajo? Simak Selengkapnya

Jelang KTT ASEAN, Bagaimana Kesiapan Sarana dan Prasarana Transportasi di Labuan Bajo? Simak Selengkapnya

Jelang KTT ASEAN, bagaimana kesiapan sarana dan prasarana transportasi di Labuan Bajo? Simak selengkapnya.-kemenhub-

RADARTASIK.COM - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, persiapan sarana dan prasarana transportasi jelang pelaksanaan KTT ASEAN di Labuan Bajo berjalan dengan baik.

"Beberapa hari lagi kita akan kedatangan banyak tamu dari ASEAN. Kalau dilihat persiapan kita sudah baik sekali. Bahkan warga Labuan Bajo juga turut menyambut gembira," ujarnya, Sabtu 6 Mei 2023.

Pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 akan berlangsung pada 9-11 Mei 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Menhub Budi memastikan, Bandara Komodo yang akan menjadi tempat pendaratan para delegasi sudah siap menyambut dan melayani para tamu negara tersebut.

BACA JUGA:HORE, Sistem VAR Mulai Diterapkan di Pertengahan Musim Liga 1 2023/2024, Erick Thohir: Uji Coba Dulu

Menurutnya, semua fasilitas di Bandara Komodo telah siap digunakan untuk kelancaran penerbangan VVIP dan komersial.

Untuk diketahui, Bandara Komodo memiliki panjang runway 2.650 dan lebar 45 meter yang dapat melayani pesawat tipe A320 dan B738.

Selain itu, luas apron Bandara Komodo mencapai 31 ribu m2 untuk 7 parking stand dengan rincian 4 pesawat narrow body dan 3 pesawat propeller.

Tak hanya itu, Bandara Komodo memiliki terminal penumpang dengan luas 13.366 m2 yang dapat menampung penumpang hingga 1,1 juta per tahunnya.

BACA JUGA:Hampir 32 Tahun Mengaspal Ini Rahasia Sukses Perusahaan Bus dari Tasik Makin Moncer

Untuk mendukung kelancaran KTT ASEAN, Kemenhub telah menyiapkan bandara alternatif terdekat dengan Bandara Komodo.

Bandara yang akan menjadi tempat parkir pesawat para delegasi di antaranya Bandara I Gusti Ngurah Rai di Denpasar, Bandara Lombok Praya, Bandara Sultan Hasanuddin di Makassar dan Bandara El Tari di Kupang.

Sementara itu, fasilitas pendukung yang telah disiapkan Kemenhub di antaranya fasilitas pemeriksaan custom, Immigration and Quarantine (CIQ) dan fasilitas helipad untuk medical evacuation.

Budi juga memastikan beberapa fasilitas transportasi yang disediakan Kemenhub guna mendukung kelancaran pelaksanaan KTT ASEAN, seperti bus Hiace sebanyak 25 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kemenhub