Usai Mudik Menggunakan Sepeda Motor, Perhatikan 8 Hal Ini Agar Motor Tetap Dalam Kondisi Prima

Usai Mudik Menggunakan Sepeda Motor, Perhatikan 8 Hal Ini Agar Motor Tetap Dalam Kondisi Prima

Lakukan perawatan sepeda motor usai mudik aga kondisinya tetap prima.-Foto: istimewa-

JAKARTA, RADARTASIK.COM - Usai mudik ke kampung halaman menggunakan sepeda motor baik jarak dekat maupun jauh.

Pemilik kendaraan wajib memperhatikan kondisi sepeda motor agar tetap dalam kondisi yang prima dan dapat kembali digunakan untuk beraktivitas sehari-hari.

Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora, Ade Rohman menjelaskan, selama digunakan untuk perjalanan mudik, sepeda motor akan melewati beragam kondisi jalan dan kemacetan yang cukup panjang sehingga berpotensi motor yang dipakai tidak dalam kondisi yang prima. Oleh karena itu, melakukan pengecekan dan perawatan rutin perlu untuk mengoptimalkan kembali performa sepeda motor.

BACA JUGA:2 Pengusaha Ini Ternyata Mendirikan Perusahaan Bus dari Ciamis Sejak Tahun 1970an, Punya Ratusan Unit Bus Juga

Berikut beberapa hal yang wajib diperhatikan agar sepeda motor tetap dalam keadan baik dan kondisi yang prima, diantaranya :

1. Mencuci Sepeda Motor  

Dalam perjalanan jarak dekat maupun jauh, mudik menggunakan sepeda motor bisa mengalami kehujanan di perjalanan yang menyebabkan jalanan becek dan berlumpur. Hal ini bisa menjadi  potensi banyak kotoran yang menempel di body motor, mesin, suspensi, roda atau bagian-bagian lainnya yang menjadi satu di sepeda motor.

BACA JUGA:Rafael Leao Mengaku Album Barunya Ditertawakan Zlatan Ibrahimovic

Untuk menghindari terjadinya karat di bagian material logam, terjadi seret di bagian yang bergerak atau bergesekan, ada aspal  yang menempel pada sepeda motor, maka disarankan  untuk segera dicuci yang sebaiknya menggunakan air bertekanan untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang menempel.

Setelah dibilas menggunakan air, cuci sepeda motor dengan menggunakan sabun khusus untuk mencuci sepeda motor. Dan diakhiri dengan mengeringkan sepeda motor menggunakan lap khusus dan melumasi bagian atau komponen yang memerlukan pelumasan.

2. Mengganti Pelumas Mesin (Oli Mesin)        

BACA JUGA:Berusia 30 Tahun, Perusahaan Bus dari Tasik Ini Makin Bersinar Punya Slogan ‘Bus Cepat Budiman’    

Mengganti pelumas atau oli mesin wajib dilakukan secara rutin apabila sepeda motor sudah digunakan dan jarak tempuh serta waktunya sudah sesuai (tergantung yang mana lebih dahulu dicapai).

Pada umumnya penggantian pelumas atau oli mesin periodik disarankan untuk melakukan penggantian oli dengan tujuan menjaga performa sepeda motor tetap dalam kondisi prima yang direkomendasikan setiap jarak tempuh sepeda motor mencapai 2000  - 4.000 km.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: