Pemerintah Tambah Dua Pelabuhan untuk Mudik di Banten dan Lampung, Ini Lokasi dan Peruntukannya

Pemerintah Tambah Dua Pelabuhan untuk Mudik di Banten dan Lampung, Ini Lokasi dan Peruntukannya

Pemerintah tambah dua pelabuhan untuk mudik di Banten dan Lampung, ini lokasi dan peruntukannya.--PT ASDP--

MERAK, RADARTASIK.COM – Pemerintah resmi tambah dua pelabuhan untuk mudik di Banten dan Lampung.

Dua pelabuhan tambahan untuk mudik yakni Pelabuhan Ciwandan Banten dan Pelabuhan Panjang Lampung.

Dua pelabuhan tambahan untuk mudik itu ditinjau Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Senin 10 April 2023.

Saat itu Muhadjir Effendy didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan Pj Gubernur Banten Al Muktabar.

BACA JUGA: Aktor Film Bagi-bagi Takjil di Imbanagara Ciamis Bersama Club Baleno Car Community

Tinjauan dilakukan dalam rangka mengecek kesiapan kedua pelabuhan menghadapi lonjakan pemudik yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera dan sebaliknya pada Angkutan Lebaran 2023.

Menko PMK Muhadjir Effendy menyampaikan perubahan jumlah pemudik yang diperkirakan tahun ini mencapai 123 juta, tentu saja ada pengaruh terhadap kenaikan jumlah orang yang akan menyeberang.

”Karena itu ada beberapa keputusan yang kita sepakati yakni penambahan pelabuhan. Yang semula hanya Merak – Bakauheni, sekarang ini sudah ditambah Ciwandan. Dan di Sumatera juga akan ada penambahan pelabuhan yakni Pelabuhan Panjang,” katanya.

”Jadi dari Ciwandan bisa ke Bakauheni atau ke Panjang. Dan itu sudah diatur dengan baik oleh ASDP, kepolisian, TNI,” kata dia seperti dilansir laman resmi Kementerian Perhubungan, Selasa 11 April 2023.

BACA JUGA: Arena Judi Kemiri alias Ngadu Muncang di Tasik Digerebek Polisi, Pelaku Sempat Lari ke Semak-semak

Sementara Menhub menjelaskan Pelabuhan Merak – Bakauheni menjadi salah satu titik krusial yang menjadi perhatian utama. Harapannya, kepadatan penumpang dan kendaraan di masa arus mudik dan balik masih terkendali.

”Esensi mudik kali ini lebih waspada terhadap volume yang bertambah pesat. Saya berulang kali menyampaikan kepada rekan-rekan ASDP agar kapasitas dihitung antara jumlah kendaraan yang akan melintas dengan kapasitas daya tampung pelabuhan,” kata dia.

”Dengan adanya tambahan pelabuhan, kita harapkan VC Ratio bisa di angka 0,6 yang artinya lancar dan kepadatan kendaraan masih bisa dikendalikan,” ujar dia.

Menhub menyatakan kejadian pada mudik Lebaran tahun lalu menjadi pelajaran berharga dan menjadi momentum bagi pemangku kepentingan untuk betul-betul mempersiapkan arus mudik dan balik lebaran lebih baik lagi pada tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: