Pansela Jadi Jalur Alternatif Mudik dan Wisata

Pansela Jadi Jalur Alternatif Mudik dan Wisata

Jalur Pantai Selatan di Kecamatan Cimerak berbatasan langsung dengan Kabupaten Tasikmalaya. Jalur itu menjadi alternatif pemudik, namun penerangannya masih kurang.-Deni Nurdiansah/radartasik.disway.id-radartasik.disway.id

PANGANDARAN, RADARTASIK.COMPolres Pangandaran mulai melakukan pengecek jalur Pantai Selatan (Pansela). Kegiatan itu sebagai upaya menghadapi arus mudik Lebaran Tahun 2023.

Kecamatan Cimerak yang berbatasan dengan Kabupaten Tasikmalaya yang diprediksi akan digunakan masyarakat untuk mudik.

“Namun  berdasarkan pengalaman sebelumnya, kawasan itu  merupakan jalur masuknya wisatawan, bukan tujuan pemudik,” ucap Kasat Lantas Polres Pangandaran AKP Asep Nugraha kepada wartawan, Sabtu (8/4/2023).

BACA JUGA:Aktor Film Bagi-bagi Takjil di Imbanagara Ciamis Bersama Club Baleno Car Community

Membeludaknya kendaraan biasanya terjadi pada H+2 sampai selesai liburan menjelang masuk sekolah. “Kemungkinan yang lewat Pansela juga ada, tapi tidak terlalu padat,” ungkapnya.

Ia mengatakan, kalau untuk jalur sudah baik semua. “Kita tinggal persiapan rambu-rambu dan juga rekayasa lalu lintas,” terangnya.

Jalur Pansela masih minim untuk rambu-rambu lalu lintas. Rambu-rambu yang sudah siap baru arah masuk saja. Untuk arah keluar daerah masih belum terpasang. "Mungkin ini jadi catatan saat rapat lintas sektoral pekan depan,” katanya.

BACA JUGA:Balada AC Milan, Jago Menaikkan Nilai Pemain, Tapi Sangat Buruk Saat Menjual

Jalur pansela dari Pangandaran jarang yang mengalami kerusakan dan aman untuk digunakan. “Kalau jalannya bagus, walaupun ada beberapa yang bergelombang,” ucapnya.

Pansela menjadi jalur alternatif mudik untuk tujuan ke beberapa daerah di jawa Barat. Jalur ini juga sudah menjadi bahasa di pemerintah pusat.

“Kalau di Pangandaran yang berada dalam pengawasan kami untuk jalur mudik di Cimerak, Ciparanti hingga ke pertigaan Pancimas Kalipucang ke Jawa Tengah. Kalau jalan sudah bagus, cuma jalan lebar itu belum terlalu lebar, karena ada lebar yang empat dan ada yang enam (meter),” terang Kapolres Pangandaran AKBP Hidayat.

BACA JUGA:Agen Steven Bergwijn Temui Paolo Maldini di Markas AC Milan

Hidayat mengatakan, karena Penerangan Jalan Umum (PJU) di selatan masih kurang. Pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak terkait dan menyiapkan pos pengamanan dan pos pelayanan sepanjang jalur Pansela.

"Tentunya nanti kita akan mengarahkan, kalau memang orang-orang atau masyarakat pemudik yang pertama kali lewat jalur selatan,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: