Tiba-Tiba Anak Demam Saat Berpuasa, Ini Cara Mengatasinya

Tiba-Tiba Anak Demam Saat Berpuasa, Ini Cara Mengatasinya

Ilustrasi anak demam saat berpuasa.-Foto:tangkapanlayar/dokpinterest-

KOTA TASIK, RADARTASIK.COM - Anak-Anak sedang belajar bepuasa, tentunya kita sebagai orang tua akan sangat senang.

Agar anak tetap fit saat menjalankan puasa tentu kita akan menjaga mulai dari asupan makanan dan lainnya.

Tapi kalau tiba-tiba anak demam saat berpuasa, tida perlu panik, ini cara mengatasinya seperti dilansir dari akun RSU Hermina Tasikmalaya, sebagai berikut:

1. Kompres dengan Air Hangat

BACA JUGA:KEREN, Mobil Listrik Wuling Mini EV Sekali Jalan Bisa Tempuh 280 Km, Ini Kecepatannya

Saat anak mengalami demam, lakukan kompres menggunakan handuk dengan air hangat, pada lipat ketiak dan lipat selak angan selama 10 hingg 15 menit.

Dengan melakukan ini akan membantu menurunkan panas dengan cara panas keluar lewat pori-pori kulit melalui proses penguapan.

Kompres dengan air dingin tidak direkomendasikan untuk mengatasi demam karena dapat meningkatkan pusat pengatur suhu hipotalamus, mengakibatkan badan menggigil, sehingga terjadi kenaikan suhu tubuh.

Hal ini dapat mengakibatkan pembuluh darah mengecil, yang meningkatkan suhu tubuh serta mengakibatkan anak merasa tidak nyaman.

BACA JUGA:Kodim 0612 Tasikmalaya Kolaborasi dengan HDCI Bagi-bagi Nasi Kotak

2. Jangan Menggunakan Selimut

Ketika anak mengalami demam, jangan menggunakan baju tebal atau selimut. Tapi gantilah baju anak dengan yang tipis. Hal ini agar memudar akan suhu panas dalam tubuh keluar dari dalam kulit. Tapi apabila anak menggigi baru selimuti dengan selimut yang tipis.

3. Minum Air Putih yang Banyak

Demam yang panjang bisa menyebabkan dehidrasi. Jik sudah waktunya berbuka puasa, berilah ank air putih agar tidak mengalami dehidrasi. Pastikan anak mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas per hari agar suhu tubuhnya bisa menurun ketika ia buang air kecil. Jika anak betul-betul dah tidak kuat, maka sebaiknya dianjurkan untuk batalkan puasanya dan berikan obat penurun panas atau demam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: