BIGBUKBER, Buka Puasa Bersama Ribuan Anak Yatim di Masjid Agung Kota Tasikmalaya

BIGBUKBER, Buka Puasa Bersama Ribuan Anak Yatim di Masjid Agung Kota Tasikmalaya

Pj Wali Kota Tasik, Cheka Virgowansyah saat menghadiri Bigbukber acara buka bersama ribuan anak yatim di Masjid Agung, Minggu 02 April 2023 sore.- Rezza Rizaldi-radartasik.disway.id

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Even tahunan Bigbukber yang sempat vakum beberapa tahun karena pandemi Covid-19, kini kembali dihelat. Bigbukber adalah buka puasa bersama ribuan anak yatim.

Even ini kembali dihelat Minggu 02 April 2023 sore di Masjid Agung Kota Tasikmalaya. Penjabat Wali Kota Tasikmalaya, Cheka Virgowansyah, Sekda Ivan Dicksan dan para wakil rakyat turut hadir.

"Untuk tahun ini kita masih proses pemulihan. Kalau dulu kita bisa sampai 5.000 lebih, sekarang hanya 2323 anak yatim," ujar Ketua Panitia Penyelenggara, Wahid Hidayat.

"Kita masih pemanasan untuk konsep acara dari relawan. Karena kita sempat vakum 3 tahun paska pandemi Covid. Alhamdulillah tahun ini bisa terselenggara dan anak-anak yatim tersebut semuanya berasal dari Kota Tasikmalaya," sambungnya.

BACA JUGA:JADWAL Persib vs Persis Solo Bisa Ditonton Langsung Bobotoh, Laga Terakhir Persib Diusulkan di GBLA

Dalam mengumpulkan anak-anak yatim di acara buka puasa bersama benar-benar selektif. Artinya yang benar-benar layak dan harus warga Kota Tasikmalaya. 

"Untuk peserta anak yatim, kita tak menyentuh yayasan. Tapi ini yang rumahan. Karena yang rumahan jarang tersentuh. Bukan kami alergi anak yatim di yayasan ya. Tapi karena itu tadi, yang di rumah jarang tersentuh," terangnya.

Jadi, tambah dia, mereka yang prioritas jadi peserta Bigbukber adalah ribuan anak yatim tak ada ayahnya. Kalaupun ayah kandungnya sudah meninggal dan relawan dapat kabar anak tersebut sudah mempunyai ayah lagi dari ibunya yang menikah lagi. Anak tersebut bukan sasaran prioritas.

"Karena dari segi ekonomi dan lainnya sudah ada penanggungjawabnya. Jadi murni ini peserta yang tidak ada ayah," tambahnya.

BACA JUGA:Tiga Bulan 52 Bencana di Kabupaten Tasikmalaya, 3 Orang Meninggal Akibat Kebakaran dan Longsor

Selain mengajak bukber, pihaknya juga memberikan tas untuk perlengkapan sekolah, juga menghadirkan berbagai hiburan dari sejak Dzuhur mulai perform freestyle basket, BMX, sepatu roda, bahkan ada perform dari Perisai Diri dan badut.

"Alhamdulillah kita banyak support untuk kesanian di perform ini. Support mereka jangka panjang sudah kita susun program, mudah-mudahan bisa terealisasi tahun ini. kita akan memonitor kebutuhan sekolah dan sehari-hari mereka jika ibunya tak menikah lagi," jelasnya.

Penjabat (Pj) Wali Kota Tasikmalaya, Cheka Virgowansyah bersyukur terselenggaranya Bigbukber.

"Hari ini sebanyak 2323 anak yatim, 200 shaum sunah, dan 100 hafidz quran bukber. Sudah beberapa tahun kita tak melaksanakan ini karena pandemi," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: