KEREN, Jawara Silat Kota Banjar Ngabuburit di Lembah Pajamben

KEREN, Jawara Silat Kota Banjar Ngabuburit di Lembah Pajamben

Salah satu pesilat saat menampilkan atraksinya dalam rangka silaturahmi jawara silat Kota Banjar di objek wisata Lembah Pajamben, Sabtu 01 April 2023.-Istimewa-radartasik.disway.id

BANJAR, RADARTASIK.COM – Para jawara silat Kota Banjar ngabuburit di Lembah Pajamben. Mereka berkumpul di objek wisata Desa Binangun Kecamatan Pataruman, Sabtu 01 April 2023 sore. 

Silaturahmi jawara silat Kota Banjar ini mengisi bulan suci Ramadan dalam rangka Ngalayung (lihat lembayung senja) atau Ngabuburit di Lembah Pajamben. 

"Ini kolaborasi antara Pengcab IPSI dengan DPD PPSI, silaturahmi jawara silat Kota Banjar," ucap Ketua IPSI Kota Banjar Tono Tarsono, tadi malam. 

Menurutnya, kegiatan tersebut diikuti dari berbagai paguron silat yang ada di Kota Banjar dan menampilkan pakaulan perguruan silat, atraksi debus hingga bagi-bagi takjil. Atraksi para pesilatpun dinilai cukup keren

BACA JUGA:Nasib Mahasiswa STMIK Tasikmalaya Terancam Terlambat Pindah Kampus, Bila Data DIKTI Tidak Segera Diupdate 

Kegiatan tersebut berawal dari Ngopi (ngolah pikiran) bareng, sambil diskusi ringan diselingi gelak tawa dan senda gurau.

"Maka tercetuslah ide untuk menggelar even pencak silat bersama antara IPSI dan PPSI Kota Banjar yang baru saja digelar," jelasnya. 

Secara terpisah, salah satu pesilat, Dani Danial Mukhlis menambahkan, dalam kegiatan tersebut diselenggarakan atas dasar tiga kepentingan bersama. 

Pertama, melanjutkan ikhtiar kolektif untuk terus melestarikan seni budaya pencak silat sebagai warisan leluhur.

BACA JUGA:Setelah Salsabila Memukau, Giliran Aisyah Luar Biasa, Hafiz Cilik Radar Tasik TV bersama Kang Dede Muharam 

"Kedua, semangat untuk menjadi bagian dari komponen yang turut serta menghidupkan destinasi wisata yang ada di Kota Banjar," ulasnya. 

Ketiga, yang tak kalah pentingnya adalah silaturahim antarpelaku silat baik yang bernaung di IPSI maupun PPSI.

"Inilah manifestasi sesungguhnya dari filosofi solat –silat-- Siliwangi," tegasnya. 

"Hayu geura tatan-tatan, cing caringcing pageuh kancing, set saringset pageuh iket. Urang hideungkeun Pajambèn dina wanci waktosna. Prung...(siap siaga dan waspada dalam aktivitas atau tindakan, red)," katanya yang juga Ketua KPU Kota Banjar itu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: