6 Bahan Alami yang Baik untuk KOSMETIK, Salah Satunya Ekstrak Kulit Manggis

6 Bahan Alami yang Baik untuk KOSMETIK, Salah Satunya Ekstrak Kulit Manggis

Kosmetik berbahan alami.-foto;tangkapanlayar/dokBPOM-

KOTA TASIK, RADARTASIK.COM - Indonesia memiliki beragam kekayaan tumbuh-tumbuhan yang memiliki nilai guan tinggi untuk berbagai industri, salah satunya adalah industri kosmetik.

Ada banyak bahan alami yang diolah menjadi kosmetik, seperti dikutip dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia, sebagai berikut:

1. Kopi

Ada banyak aneka kopi tersebar di penjuru Indonesia. Kandungan kopi yang memiliki komponen fenolk seperti asam klorogenat, asam kafeat, asam ferulat, dan asam p-kumarat yang terdapat dalam bentuk bebas.

BACA JUGA:PROFIL Pelatih Baru Arema FC, Legenda Hidup Arema, Kini Berkumpul Bersama Kolega Lama

Dalam industri kosmetik, kopi memiliki manfaat untuk pengelupasan kulit (Exfoliate). Biasanya kopi digunakan untuk body scrub, lulur, masker dan gel krim.

2. Rumput Laut

Tanaman dari laut ini memiliki senyawa bioaktif seperti karotenoid, fenol dan turunananya. Selain itu juga mengandung sulfat polisakarida vitamin dan mineral. fungsinya dapat mempertahankan kelembaban dan kelembutan kulit.

Biasanya digunakan dalam pembuatan krim tabir surya, sabun mandi, creambath, masker gel.

BACA JUGA:Dishub Ciamis Mulai Membuka Pendaftaran Parkir Berlangganan untuk Masyarakat

3. Bunga Kenanga

Memiliki kandungan saponin, flavonoid dan minyak atsiri dengan manfaat yang dimiliki untuk membantu relaksasi, menyamarkan garis kerutan, melembutkan kulit. biasanya banyak digunakan untuk sabun, parfum dan krim.

4. Lidah Buaya

Memiliki kandungan senyawa bioaktif diantaranya asam amino esensial dan sekunder, juga enzim-enzim penting sebagai oksidase, katalase, lipase dan enzim pemecah protein. manfaat bila digunakan dalam kosmetik adalah untuk pelembab kulit dan merawat rambut. Biasanya digunakan untuk bahan masker gel peel off, lip balm, body lotion dan shampo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: