Warga Kesal Jalan Penghubung Darmaga ke Cikupa Rusak Parah, Sudah 4 Tahun Dibiarkan Begitu Saja

Warga Kesal Jalan Penghubung Darmaga ke Cikupa Rusak Parah, Sudah 4 Tahun Dibiarkan Begitu Saja

Jalan Darmaga-Cikupa di Desa Sidamulih Kecamatan Banjaranyar Kabupaten Ciamis rusak parah.-ISTIMEWA-radartasik.disway.id

BANJARANYAR, RADARTASIK.COM - Jalan penghubung Darmaga ke Cikupa di Desa Sidamulih Kecamatan Banjaranyar rusak parah. Kerusakan telah terjadi selama kurang lebih 4 tahun sejak jalan itu dibangun.

”Jadi sekitar empat tahunan jalan rusak tidak ada perbaikan. Memang statusnya akan dirubah ke jalan kabupaten. Sehingga desa juga tidak membangun, karena status jalannya belum berubah,” papar Taryana, tokoh pemuda setempat saat menghubungi Radar, Minggu (5/3/2023) pagi.

Dia berharap Pemkab Ciamis segera memperbaiki jalan tersebut. Sebab lewat jalan itu warga bisa lebih cepat sampai ke Cikupa. Warga kedua desa sudah sering mengeluhkan kerusakan jalan penghubung itu, karena kendaraan mereka lebih mudah rusak akibat sering melintasi jalanan yang berlubang.

“Kalau tidak cepat dibangun semakin banyak yang kecelakaan. Harapannya cepat ada perbakan dari pemerintah,” harapnya. 

BACA JUGA:CARA MUDIK GRATIS 2023 Bersama Alfamidi, Ini Syarat dan Ketentuannya, Cek di Sini

Dihubungi terpisah, Kepala Desa Sidamulih, Hadli, menyebut ruas jalan yang rusak panjangnya mencapai 5 kilometer. “Kalau tidak salah, jalan tersebut pada tahun 2017 di ajukan jalan kabupaten. Namun sampai saat ini SK belu turun,” katanya.

Pemerintah desa, kata dia, bukan sengaja membiarkan. Namun status jalan yang belum jelas serta panjang ruas yang mencapai 5 kilometer tidak memungkinkan di-cover dengan anggaran Dana Desa. 

“Namun sampai saat ini jalan tersebut belum ada sentuhan dari Kabupaten Ciamis. Kami mohon jalan tersebut dapat perhatian dari kabupaten,” pintanya.

Selama ini, lanjutnya, pemerintah desa sering menjadi bulan-bulanan warga karena dianggap tak mampu memperjuangkan aspirasi mereka untuk memiliki jalan yang bagus.

Ia pun tak bisa berbuat banyak lantaran terganjal aturan dan anggaran. Sementara untuk akses dari Banjarsari menuju Banjaranyar sudah bagus.

“Tapi dari sininya jalan jelek. Jadi masyarakat kami akan menuju Banjarsari, kalau jalan ini bagus, enak. Tidak melalui Kecamatan Pamarican, langsung ke Bajaranyar,” paparnya.

Dia berharap Pemkab Ciamis segera turun tangan. Sebab warga sudah gerah dengan kondisi jalan yang tak kunjung diperbaiki.

“Kami juga sudah mengusulkan jalan ini ke musrenbang desa, kecamatan dan musrenbang kabupaten. Kami ingin jalan tersebut dibangun, sementara katanya murni tidak masuk namun katanya perubahan tahun 2023 masuk,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: