Polres Tasikmalaya Pantau 20 Satkamling, yang Terbaik Ikut di Tingkat Polda Jabar

Polres Tasikmalaya Pantau 20 Satkamling, yang Terbaik Ikut di Tingkat Polda Jabar

Tim dari Polres Tasikmalaya saat melakukan penilaian Pos Kamling pada lomba Satkamling terbaik Sabtu 4 maret 2023. -Istimewa-radartasik.disway.id

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM – Polres Tasikmalaya pantau 20 Satkamling (Satuan keamanan lingkungan) di Kabupaten Tasik. Dari jumlah itu, Satkamling dengan kategori yang terbaik baiak diikutkan di tingkat Polda Jabar.  

Kasat Binmas Polres Tasikmalaya AKP Mohamad Safar mengatakan, penilaian Satkamling dilakukan di setiap Polsek. Teknisnya, satu Polsek menyiapkan satu Satkamling yang dipersiapkan ikut lomba.  

"Tujuan kegiatan perlombaan Satkamling ini ingin mengaktifkan kembali Satkamling atau Poskamling yang sebelumnya sempat berhenti atau tidak aktif. Yang terbaik ikut di tingkat Polda Jabar seperti juara 1 sampai3," bebernya kepada radartasik.com, Sabtu 4 Maret 2023.

Untuk tingkat Polres Tasikmalaya, dari 20 Polsek di 20 kecamatan di wilayah hukum Polres Tasikmalaya masih dalam tahap penilaian. "Untuk penilaiannya ada kriteria tertentu, atau tersendiri sesuai kiriman penilaian dari Polda Jabar. Aspeknya bisa dari kelengkapan struktur organisasi," kata Safar.

BACA JUGA:WASPADA Flu Burung Kenali Gejalanya, Ini Cara Terjadi Penularannya

BACA JUGA:Kenali, Cegah dan Atasi OBESITAS, 4 Maret Diperingati Hari Obesitas Sedunia

Disampaikan Safar, untuk kelengkapan administrasi seperti buku tamu dan kegiatan, serta laporan kejadian. Selanjutnya, ada kentongan, borgol, tongkat, alat pemadam kebakaran, memakai semprotan biasa atau pasir, termasuk ada senter.  

"Jadi itu aspek kelengkapannya yang ada di Satkamling tersebut. Untuk penilaian lainnya yang lebih lengkap ada jaringan WiFi, ada portal jalan, dan kesigapan anggota Satkamling itu sendiri,"  jelas dia.

Waka Polres Tasikmalaya Kompol Alan Haikal menambahkan, kegiatan penilaian Satkamling untuk lebih meningkatkan kembali Pos Kamling di lingkungan masyarakat.  

"Karena terjadinya curanmor, mencegah kumpulan seperti geng motor. Termasuk menghadapi dan memasuki bulan Ramadan, idul Fitri dan idul Adha. Mencegah pencurian hewan ternak," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: