4 Makanan yang Harus Dihindari Setelah Pasang BEHEL, Supaya Gigi TIDAK NGILU

4 Makanan yang Harus Dihindari Setelah Pasang BEHEL, Supaya Gigi TIDAK NGILU

Gigi menggunakan behel.-Foto:tangkapanlayar/dokpinterest-

KOTA TASIK, RADARTASIK.COM - Banyak orang menggunakan behel atau kawat gigi. Tidak hanya untuk memperbaiki posisi gigi yang tidak rapuh. Namun juga kawat gigi banyak dijadikan sebagai penambah gaya untuk penampilan.

Tapi ada yang perlu kita ketahui kalau pemasangan kawat gigi bikin gigi makin sensitif, tak jarang menimbulkan rasa nyeri saat makan dan minum.

Sehingga kita harus dapat memilih makanan dan minuman apa saja yang dapt kita konsumsi.

Berikut 4 makanan yang harus dihindari setelah pasang behel atau kawat gigi:

BACA JUGA:Lapisan Ozon RUSAK Akibat Aktivitas Manusia, Stop Gunakan BPO!

1. Buah-buatan dan sayuran keras

Hindari dulu makan buah-bahan dan sayuran keras seperti buah apel, pir, wortel, brokoli, bengkuang, juga sayuran yang masih mentah sehingga sulit untuk dikunyah oleh gigi. Bila kita ingin mengkonsumsi buah tersebut ada baiknya dikukus atau diolah terlebih dahulu agar mudah dikunyah oleh gigi.

2. Daging Merah

Daging merah mengandung banyak serat kasar yang menjadikannya sulit dikunyah dan dapat terselip di celah gigi. Mengunyah daging merah yang alot juga dapat menimbulkan rasa ngilu dan mengakibatkan longgarnya kawat behel di sekitar gigi geraham.

BACA JUGA:SIAP-SIAP 2023 Dibuka Seleksi CPNS untuk 1 Juta Orang Lebih, Cek Persyaratannya Berikut Ini!

3. Kacang, Biji-Bijian dan Bulir Utuh

Kacang dan biji-bikinan memiliki ukuran yang kecil dan tekstur yang keras sehingga tidak disarankan untuk dikonsumsi setelah pasang behel.

Memaksakan gigi mengunyah kacang kan menimbulkan resiko kawat behel menjadi bengkok sehingga posisi gigi berubah ke arah yang tidak semestinya

4. Makanan Kenyal dan Lengket

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: