Kapan Pembangunan Dermaga Cikalong Diselesaikan? Dewan Respons Keluh Kesah Nelayan Sulit Jual Hasil Tangkapan

Kapan Pembangunan Dermaga Cikalong Diselesaikan? Dewan Respons Keluh Kesah Nelayan Sulit Jual Hasil Tangkapan

anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tasikmalaya Ucu Mulyadi.-Istimewa-radartasik.disway.id

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM – DPRD Kabupaten Tasik minta pembangunan Dermaga Cikalong diselesaikan karena selama ini nelayan sulit jual hasil tangkapan ikan ke TPI (Tempat Pelelangan Ikan).

Demikian disampaikan salah seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tasikmalaya Ucu Mulyadi. Anggota DPRD dari Daerah Pilihan (Dapil) Cikalong ini merespons keluh kesah nelayan, Cimanuk, Cikalong Kabupaten Tasikmalaya yang meminta dibuatkan jalur perahu menuju Tempat Pelelangan Ikan (TPI).   

Ucu menilai, keinginan para nelayan tersebut cukup beralasan. Karena imbas belum selesainya pembangunan Dermaga Cikalong, nelayan sulit jual hasil tangkapan ikan karena perahu mereka tidak bisa disandarkan di darmaga. 

"Selain jauh ke TPI, juga perahu tidak bisa bersandar kalau kondisi gelombang air laut tinggi," katanya kepada radartasik.com, Selasa 28 Februari 2023.

BACA JUGA:Keluh Kesah Sulitnya Jual Hasil Tangkapan, Nelayan Cimanuk Butuh Jalur Perahu ke Tempat Pelelangan Ikan

Menurut dia, jauhnya akses dirasakan oleh nelayan Cimanuk, setelah adanya pembangunan dermaga. Sebab terjadinya pendangkalan. 

"Tentu itu menjadi dangkal, karena adanya pengurugan baik oleh pasir dan juga batu. Selama ini memang nelayan untuk membawa ikan hasil tangkapannya cukup lumayan jauh, lebih dari 100 meter," terang Ucu.

Ucu menilai, langkah paling memungkinkan dilakukan yakni segera menyelesaikan pembangunan Dermaga Cimanuk, Cikalong. "Kalau dermaga sudah selesai, TPI itu juga bisa selesai," kata dia.

Dirinya menyayangkan, pembangunan Dermaga Cimanuk masih tertunda. Malah kondisinya tidak memiliki nilai manfaat untuk nelayan.

BACA JUGA:Polisi Gerebek Gudang Penyuntikan Tabung Gas di Tasik, Pekerja Kocar-kacir Melarikan Diri Memanjat Benteng 

"Itu kan pembangunannya sebesar Rp34 miliar, anggaran dari Provinsi Jawa Barat. Harapan kami segera diselesaikan, untuk mempermudah nelayan menyadarkan perahu dan menjual hasil tangkapannya," jelas Ucu.

Selama ini, para nelayan Cimanuk menjual hasil tangkapannya di TPI Cimanuk dan di TPI Pamayangsari, Kecamatan Cipatujah. Namun kondisi ini membuat nelayan lebih memilih menjualnya ke TPI Pamayangsari. 

"Kadang-kadang di sini (TPI Cimanuk), padahal itu TPI yang representatif bila ada pengoptimalan," ungkap Ucu.   

Sebelumnya, nelayan Cimanuk Cikalong membutuhkan jalur perahu sampai TPI di Pantai Cikalong. Ini untuk mempermudah dan mempercepat penjualan hasil tangkapan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: