KEREN! Jembatan Panjang di Parangtritis Jadi Destinasi Baru Bagi Warga

KEREN! Jembatan Panjang di Parangtritis Jadi Destinasi Baru Bagi Warga

Jembatan panjang di Parangtritis jadi destinasi baru bagi warga. Total panjang Jembatan Kretek II mencapai 600 meter.--Bina Marga Kementerian PUPR--

JAKARTA, RADARTASIK.COM – Keren! Jembatan panjang di Parangtritis jadi destinasi baru bagi warga.

Jembatan panjang di Parangtritis Kabupaten Bantul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta itu bernama Jembatan Kretek II.

Lokasi jembatan berada di pinggir laut selatan Pulau Jawa. Total panjang Jembatan Kretek II mencapai 600 meter.

Total panjang jembatan yang diklaim tahan gempa tersebut melebihi jembatan terpanjang di Kota Tasik yang mencapai 252 meter.

BACA JUGA: KEREN KAN! Jembatan Terpanjang di Kota Tasik Jadi Spot Bernuansa Kekinian

Jembatan yang megah dan indah itu menghubungkan Desa Samas dan Parangtritis Kapanewon Kretek Kabupaten Bantul Provinsi DIY.

Bina Marga Direktorat Jenderal Bina Marga melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jateng–DIY telah melaksanakan uji coba fungsional Jembatan Kretek II akhir Januari 2023.

Pelaksanaan uji coba berupa open traffic ini dimaksudkan agar pengendara dan masyarakat bisa menggunakan jembatan tahan gempa.

Dilansir laman resmi Bina Marga Kementerian PUPR, Rabu 22 Februari 2023, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 1.4 Provinsi DIY Julian Situmorang mengatakan keputusan uji coba fungsional dilakukan karena item pekerjaan fisik Jembatan Kretek II telah rampung.

BACA JUGA: KEREN! Jembatan Terpanjang di Tasik Jadi Destinasi Baru Bagi Warga

Paket pekerjaan itu terdiri atas penanganan jalan pendekat dan jembatan sepanjang 2,6 kilometer. Termasuk, konstruksi Jembatan Kretek II tahan gempa sepanjang 600 meter, beutifikasi Luku, pencahayaan, edupark dan jogging track.

Julian menyebutkan seremoni uji coba fungsional Jembatan Kretek II telah dilakukan BBPJN Jateng –DIY bersama Bupati Bantul Abdul Halim Muslih pada akhir bulan lalu.

Kala itu, Bupati mengapresiasi kinerja pemerintah pusat karena ikut meningkatkan konektivitas di wilayah Kabupaten Bantul.

”Dibangunnya infrastruktur yang baik menjadi salah satu faktor pendorong pertumbuhan ekonomi,” kata Julian Situmorang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: