SD IT Al Istiqomah Hj Aminah Gandeng Orang Tua Membangun Mental Anak Berakhlak

SD IT Al Istiqomah Hj Aminah Gandeng Orang Tua Membangun Mental Anak Berakhlak

Orang tua siswa SD IT Al Istiqomah Hj Aminah Kota Tasikmalaya kompak mengikuti kajian rutin bulanan di Masjid Al Istiqomah, Rabu 15 Februari 2023.-Istimewa-radartasik.disway.id

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM – Peran penting mendidik anak agar memiliki karakter atau membangun mental anak berakhlak, tumpuan awal dari peran penting orang tua. Pun selanjutnya peran lainnya dilakukan lembaga pendidikan formal. 

Agar memiliki irama dalam hal pendidikan anak, kedua peran ini --orang tua dan lembaga pendidikan formal-- harus berkolabirasi. Seperti yang dilakukan Komite SD IT Al Istiqomah Hj Aminah Kota Tasikmalaya.

Rabu 15 Februari 2023, SD IT Al Istiqomah Hj Aminah mengadakan kajian rutin bulanan di Masjid Al Istiqomah.

Ketua Komite Eka Wartika SPd menyebutkan, peran orang tua dalam pendidikan anak sangat penting. Sebab, pendidikan dasar keluarga adalah yang paling utama dalam membangun mental anak dan perilaku.

BACA JUGA:Budidaya Ikan Bioflok di Kota Banjar Melempem, Dinas KP3 Ancang-ancang Ambil Langkah

"Artinya dunia pendidikan akan sukses apabila orang tua juga mengambil peranannya dengan baik," katanya kepada Radar, Rabu 15 Februari 2023.

Oleh karenanya, SD Al Istiqomah Hj Aminah Kota Tasikmalaya berkomitmen meningkatkan kualitas generasi penerus bangsa yang berkarakter. Pihaknya mengajak para orang tua siswa memahami ilmu agama, dalam rangka membangun mental anak berakhlak dan berkarakter.

"Tentunya agar orang tua siswa mendapat bekal menambah ilmu pengasuhan anak, kita rutin melakukan kajian bulanan. Sehingga dapat memperbaiki akhlak, baik untuk dirinya dan anak-anaknya," ujarnya.

Eka mengibaratkan bahwa anak adalah cerminan dari orang tua. Sehingga perlu menjalin komunikasi dan membangun kultur yang baik di dalam keluarga. "Jika kita melakukan kebaikan, maka anak kita akan meniru kebaikan dari kita, begitu juga sebaliknya," katanya.

BACA JUGA:Grand Vitara Kembali Terlahir, Usung Mesin 1.500 CC Berkode K15C Dual Jet, Simak Fitur Lengkap di Sini

Ketua Panitia Pelaksana Eni Nuraeni SPdI mengaku kajian rutin komite ini, antusias diikuti oleh anggota komite dan orang tua siswa. "Sehingga dihadiri 90 orang tua siswa dan komite," ujarnya.

Untuk kajian kali ini, Komite memanggil pemateri Ustadz Rahmat Wahyudin, untuk pembahasan akhlak perempuan dirindukan surga. 

"Dengan demikian, para ibu-ibu paham dan mendapatkan modal bagaimana cara melaksanakan di dalam keluarga," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: