TERNYATA Kesehatan Mental Itu Penting, 3 Stigma Tentang Kesehatan Mental yang Muncul di Masyarakat

TERNYATA Kesehatan Mental Itu Penting, 3 Stigma Tentang Kesehatan Mental yang Muncul di Masyarakat

Ilustrasi pentingnya kesehatan mental.-Foto:tangkapanlayar/dokpinterest-

KOTA TASIK, RADARTASIK.COM - Kesehatan yang perlu kita perhatikan bukan hanya Kesehatan fisik dan jasmani saja. Namun kita juga harus menjaga Kesehatan mental kita agar tetap sehat.

Kesehatan mental merupakan sat kondisi mental yang normal sehingga memiliki motivasi untuk hidup secara berkualitas selaras dengan nilai-nilai agama dan budaya, baik dalam kehidupan pribadi, keluarga, tempat bekerja maupun sisi kehidupan lainnya.

Namun demikian di masyarakat kita ada 3 stigma tentang kesehatan mental yang muncul di masyarakat. Orang yang sedang terkena sakit mental kerap diberi label ing atau stigma sebagai orang kurang iman.

Kemudian ada juga yang member label ing sebagai orang yng sakit jiwa seperti gila, aneka atau autis. Yang ketiga dianggap sebagai aib sehingga tidak mendapatkan dukungan yang tepat.

BACA JUGA:Mau Beli HP? Ini Daftar Harga iPhone 14 Series Terbaru Februari 2023, Cek di Sini Lengkapnya

Menurut WHO mental yang sehat adalah kondisi di mana individu dalam memiliki kemampuan-kemampuan untuk menyadari potensi diri yang dimilikinya, dapat mengatasi tekanan hidup sehari-hari, dapat bekerja secara produktif, dapat memberikan kontribusi pada lingkungannya.

Beberapa ahli juga menyampaikan tentang kesehatan mental, seperti yang disampaikan oleh Sutardi A. Wiramihardja bahwa individu yang sehat mental adalah yang memiliki kematangan emosional, dapat menerima realits, dapat hidup bersama, dapat bekerjasama dengan orang lain, memiliki filsafat dan pandangan hidup.

Zakiyah Darajat juga menyampaikan tentang kesehatan mental adalah terhindar ya seorang individu dari gejala gangguan dan penyakit jiwa, dapat menyesuaikan diri, dapat memanfaatkan segala potensi semaksimal mungkin, membawa kepada kebahagiaan bersama serta tercapainya keharmonisan jiwa dalam hidup.

Ada 5 pilar kesehatan mental yang perlu dipahami yaitu:

BACA JUGA:Lowongan Kerja Terbaru BUMN, PT PP Buka Loker untuk Dua Posisi, Simak Deskripsi Pekerjaan di Sini

1. Spiritual

Paham ai nilai dan makna hidup. Hubungan antara agama sebagai keyakinan dan kesehatan jiwa  terletak kepada sikap penyerahan diri terhadap suatu kekuasaan Yang Maha Tinggi dalam hal ini sanga Maha Pencipta.

2. Fisik

Memiliki fisik yang sehat salah satunya dapat dilakukan dengan olahraga yang teratur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: