SUARA BOBOTOH: Kalah Menang Biasa, Tapi Wasit Tak Adil Tak Bisa Diterima, VAR Harga Mati

SUARA BOBOTOH: Kalah Menang Biasa, Tapi Wasit Tak Adil Tak Bisa Diterima, VAR Harga Mati

Penyerang Persib Ciro Alves saat dibayangi pemain PSM Makassar dalam lanjutan Liga 1 2022/2023 di Stadion Pakansari, Bogor, Selasa 14 Februari 2023. Foto: Twitter Persib--

BANDUNG, RADARTASIK.COMBobotoh tidak mempersoalkan Persib kalah dari PSM Makassar karena suara Bobotoh: kalah menang biasa, tapi wasit tak adil tak bisa diterima. Untuk penggunaan VAR harga mati di kompetisi Liga 1 mendatang. 

Suara Bobotoh menggema di media sosial soal keputusan-keputusan wasit dan hakim garis di laga Persib vs PSM Makassar, Selasa 14 Februari 2023 sore di Stadion Pakansari, Bogor.

“Apapun hasilnya saya sebagai bobotoh pasti menerima…tpi tolong untuk para wasit saya harap bisa menerima kritikan para pecinta sepak bola dan mengevaluasi kinerja… jangan kalian usik perdamaian yang kami jalin belum lama ini hanya karna ketidak adilanmu di lapangan… kalau bersaing dengan cara yang sehat… siapa pun yang jadi pemenang dan juaranya kami bangga dan kami hormati,” ujar komentar Bobotoh, Pratamapratama.

BACA JUGA: DIREKTUR PERSIB Soroti Kualitas Wasit dan Asisten Wasit, Dukung Penggunaan VAR di Liga 1

Menurut Bobotoh, keputusan kontroversi wasit di Liga Indonesia menjadi penyebab permusuhan antar suporter.     “Penyebab permusuhan antar suporter ya mungkin salah satunya keputusan wasit yang tidak adil…wajar kalau pendukung sebuah team melampiaskan kekecewaannya kepada wasit yang keputusannya merugikan team kebanggaannya, jadi bukan masalah giliran kalah wasit yang disalahkan, kalah menang hal biasa dalam sebuah pertandingan, tapi kalau memang wasitnya ngaco mau gimana lagi. Tetap semangat SIB. Bobotoh selalu mendukungmu,” tulis Bobotoh lainnya.

Bobotoh lainnya juga mengomentari bahwa wasit sebagai pengadil harus berbuat adil. Apalagi di laga penting.  

“Bukan engga boleh persib kalah tapi tolonglah pengadil yg terbaik di saat laga penting walaupun kalah akan terima itu! tapi tetep semangat sib!” ujar Bobotoh.

BACA JUGA: Kisahkan Perjodohan Teman Masa Kecil, Drama Komedi Romatis What's Love Got To Do With It? Rajai Australia

“Kritik terhadap wasit bukan kampungan tapi itu penting utk kemajuan sepak bola nasional, kalau salah ya salah jangan dibela biar pengadil di lapangan mau belajar secara benar. Bravo sepak bola nasional,” ujar Bobotoh lainnya.

“Alot permainan kedua tim saling membangun serangan, namun kualitas wasit kita memang kualitasnya kurang baik dihampir setiap pertandingan klub manapun, sehingga suporter saling tuduh dan mencurigai,” tulis Bobotoh.

“Aku sih kalo kalah ya kalah kalo menang ya menang, tapi memang ada bener nya jugak, dri wasit banyak mengambil keputusan yang kurang tepat, terdengar jelas percakapan dari komentator2 nya, ter heran2 dengan beberapa keputusan pengadil lapangan, untuk PERSIB tetap semangat berjuang di sisa laga, untuk PSM selamat atas kemenangan di laga ini,” tulis lainnya.

BACA JUGA: KOMENTAR Pemain Persib Usai Laga Lawan PSM Makassar, Berusaha Cepat Bangkit, Masih Ada 11 Laga Lagi

“Kalah menang hal yang wajar dalam sebuah pertandingan, tapi kalau melihat kejadian2 akibat ulah wasit memang Liga 1 sangat perlu kamera asisten kaya VAR. memang ada 2 kmungkinan antara wasit ga liat atau ‘ada main’. Mdh2n kedepannya para wasit bisa lebih jeli jgn sampe mrugikan salah satu pihak dan mdh2n Liga 1 scepatnya bisa pake VAR,” ujar Bobotoh lainnya. 

“Sungguh gak habis pikir, Sangat banyak sekali keputusan wasit yng patut di Pertanyakan..BANYAK KONTROVERSI yng terjadi di laga kali ini..  Evaluasi woooy,” ujar lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: