5 Fakta Keunikan Jembatan Terpanjang di Kota Tasik, Penasaran Kan?

5 Fakta Keunikan Jembatan Terpanjang di Kota Tasik, Penasaran Kan?

Jembatan Ciloseh yang menjadi jembatan terpanjang di Kota Tasik dengan view Gunung Sawal Kabupaten Ciamis.- -Foto: Rezza Rizaldi/Radartasik.com-

TASIK, RADARTASIK.COM – Keren banget! Kota Tasik punya jembatan terpanjang saat ini. Namanya Jembatan Ciloseh.

Jembatan yang membentang di atas Sungai Ciloseh itu menghubungkan dua kecamatan di Kota Santri yakni Purbaratu dan Cipedes.

Pembangunan Jembatan Ciloseh yang berada di Lingkar Utara Kota Tasik, Jawa Barat, ini rampung pada bulan Januari 2023.

Pembangunannya dilaksanakan oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta–Jawa Barat melalui PPK 4.4 PJN Wilayah IV Jawa Barat.

BACA JUGA: Kerennya Jembatan Terpanjang di Kota Tasik Diakui Direktur Utama BPRS Al Madinah

Jembatan terpanjang di Kota Tasik ini memiliki sejumlah keunikan. Inilah fakta keunikan jembatan terpanjang di Kota Tasik dikutip dari berbagai sumber:

1. Panjang Jembatan 252 Meter


Penampakan jembatan terpanjang di Tasik yang jadi destinasi baru bagi warga. Total panjang Jembatan Ciloseh mencapai 252 meter.-Foto: BBPJN DKI Jakarta - Jawa Barat-

Jembatan Ciloseh menjadi salah satu jembatan terpanjang di Kota Tasik. Hal ini dibuktikan dengan total panjang Jembatan Ciloseh mencapai 252 meter dengan lebar jembatan 22 meter.

Anggaran pembangunan jembatan mencapai Rp 112.689.356.000. Sedangkan proses pembangunan menghabiskan waktu satu tahun lebih atau tepatnya 428 hari.

BACA JUGA: LEBIH KEREN, Rencana Awal Jembatan Terpanjang di Kota Tasik Mirip Jembatan Pasupati Bandung

2. Contoh TKDN

Kepala Bidang Pembangunan Jalan dan Jembatan BBPJN DKI Jakarta–Jawa Barat Agung Yudhianto menyebut Jembatan Ciloseh merupakan salah satu contoh pembangunan di BBPJN DKI Jakarta-Jawa Barat yang menggunakan unsur Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Dimana, penggunaan unsur-unsur TKDN di setiap pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur ke-PU-an menjadi salah satu keharusan yang telah diamanahkan oleh Menteri PUPR.

3. Penghubung Tol Terpanjang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: