Sambut Hari Jadi Garut Ke 210, 442 Unit Rutilahu Akan Diperbaiki

Sambut Hari Jadi Garut Ke 210, 442 Unit Rutilahu Akan Diperbaiki

Nurdin Yana, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Garut-Istimewa-

GARUT - Kabupaten GARUT tidak lama lagi akan menginjak usia 210 tahun. Tepatnya di tanggal 16 Februari 2023. Hal ini disambut gembira masyarakat, karena momentum Hari Jadi GARUT (HJG) tahun ini menjadi moment keberpihakan pemerintah terhadap masyarakat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Garut Nurdin Yana menyatakan jika perayaan Hari Jadi ke-210 Kabupaten Garut atau HJG 210 akan berbeda dengan perayaan sebelumnya. Di mana untuk Hari Jadi Garut (HJG) tahun ini, kegiatan yang akan diselenggarakan lebih menyentuh dan berpihak pada kepentingan masyarakat.

“Setelah kemarin dua tahun pasca Corona, tentu masyarakat kita masih dalam posisi yang kurang beruntung. Sehingga hari ini, Pemerintah Kabupaten Garut di bawah komando Pak Bupati dan Pak Wakil itu mengisyaratkan keberpihakan yang betul-betul real dirasakan oleh masyarakat,” ucapnya, Minggu (12/2/2023).

Nurdin memaparkan salah satu keberpihakan terhadap masyarakat tersebut diimplementasikan dalam bentuk perbaikan 1 unit rumah tidak layak huni (rutilahu) per desa atau kelurahan.

BACA JUGA:Marak Isu Penculikan Anak di Ciamis, Polisi Minta Masyarakat Tetap Tenang

Pemerintah akan memberikan semacam dana stimulan sebesar Rp 17,5 juta rupiah untuk memperbaiki 1 unit rutilahu yang ada di desa/kelurahan di Kabupaten Garut.

“SKPD yang bertanggung jawab di wilayah itu, maka dia harus bertanggung jawab atas penyelesaian secara akumulatif, karena akumulatif ketika ada kekurangan dia harus bertanggung jawab, inilah bentuk lain dari bakti ASN (Aparatur Sipil Negara) di Kabupaten Garut terhadap warga yang kurang beruntung,” lanjutnya.

Program perbaikan rutilahu sendiri, jelas Nurdin, sudah dilakukan oleh Pemkab Garut sejak Desember 2022, dengan pertimbangan karena adanya bencana hidrometeorologi yang menimpa Kabupaten Garut. Sehingga berdampak terhadap rusaknya beberapa rumah milik warga.

Ada sekitar 442 unit rutilahu yang akan menjadi target program perbaikan dalam momentum Hari Jadi Garut (HJG) ke-210. Jumlah itu tersebar di 421 desa dan 21 kelurahan. Total dana stimulan yang akan digelontorkan Pemkab Garut untuk program itu sekitar Rp 8 miliar.

“Yang pertama konsep kita membangun di tempat bangunan yang mereka miliki, biasanya itu adalah ukuran 35 meter persegi, Alhamdulillah kalau (untuk) tahun kemarin insya Allah itu semua dengan lantainya keramik, kemudian dindingnya bata ataupun hebel, kemudian atapnya insya Alah genting,” ungkapnya.

BACA JUGA:Kerennya Jembatan Terpanjang di Kota Tasik Diakui Direktur Utama BPRS Al Madinah

Dalam rangkaian Hari Jadi Garut (HJG) tahun ini juga, Sekda Garut menjelaskan akan ada beberapa rangkaian kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Seperti Gebyar Vaksinasi Covid-19 di 210 Pos Pelayanan Kesehatan di seluruh Kecamatan, Khitanan Massal, Peningkatan Kapasitas 1.000 Pelaku Usaha di Kabupaten Garut dan masih banyak lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: