Tahun Ini Sarana dan Prasarana Pasar Singaparna Mulai Digarap, Sekda: Tahun 2024 Sudah Bisa Rapi dan Selesai

Tahun Ini Sarana dan Prasarana Pasar Singaparna Mulai Digarap, Sekda: Tahun 2024 Sudah Bisa Rapi dan Selesai

Sekda Kabupaten Tasikmalaya Mohamad Zen .-ujang nandar-radartasik.disway.id

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM – Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya memastikan bahwa tahun ini sarana dan prasarana Pasar Singaparna mulai digarap di Desa Cilampunghilir Kecamatan Padakembang. Hal itu sesuai perencanaan pembangunan tahun 2024, Relokasi Pasar dan Terminal Singaparna akan dituntaskan. 

Untuk pelaksanaan pembangunan sarana dan prasarana itu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tasikmalaya terus melakukan komunikasi dengan Perintah Provinsi Jawa Barat. 

"Kita sudah melakukan pemetaan atau mapping yang sudah lengkap. Jadi kita tidak parsial. Kita mempersiapkannya sudah memformat secara utuh, dalam tahapan relokasi pasar dan Terminal Singaparna," ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tasikmalaya Mohamad Zen, Selasa 07 Februari 2023.

Untuk kondisi Taman Alun-alun Singaparna, sebut dia, tetap seperti ini. sedangkan pasar dan Terminal Singaparna akan direlokasi ke lokasi yang sudah disiapkan di Desa Cilampunghilir Kecamatan Padakembang.

BACA JUGA:Keputusan Dapil Pemilu 2024 Kota Tasik Tetap 4 Dapil, Berikut Rinciannya  

"Untuk bekas terminal nanti akan menjadi lahan parkir yang representatif di dekat Taman Alun-alun Singaparna," kata dia.

Tahun ini tempat relokasi Pasar Singaparna mulai dibanguan sarana dan prasarana, targetnya tahun 2024 dilakukan relokasi. "Karena tidak bisa menggeser pasar yang ada kalau belum disiapkan penggantinya," kata dia.

Untuk itu, Pemkab Tasikmalaya terus melaksanakan tahapan demi tahapan untuk relokasi, karena formatnya sudah ada dan siap. "Makanya target tahun 2022 kita siap itu, untuk bisa dibangun 2023. Makanya untuk tahun 2024 sudah bisa rapi dan selesai," terang Zen.

Untuk pendanaannya sendiri, sebut dia, melalui kebijakan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87. "Intinya kita sudah melakukan komunikasi ke atas sampai ke Menko, termasuk menteri terkait. Kita melakukan tahapan teknis, sesuai amanat Perpres. Sudah kami persiapkan segalanya," katanya.

BACA JUGA:HATUR NUHUN Pak Kapolres...Merasa Kehilangan Motor Akibat Dicuri? Dicek ke Polres Tasik

Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat (Jabar) dari Fraksi PDI-Perjuangan Arip Rachman mendorong relokasi pasar dan Terminal Singaparna. Dia berharap relokasi segera terwujud sesuai target pembangunan daerah di tahun 2024. 

Untuk relokasi Terminal Singaparna tipe-B, kewenangannya menurut dia adalah dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat. 

"Mudah-mudahan saja komunikasi antara Pemda dengan Pemprov bisa berjalan, sehingga terminal bisa segera direlokasi dan dibangun," kata Arip.

"Kami hanya bisa mendorong di DPRD Provinsi. Ya mudah-mudahan, tahun 2024 bisa tercapai. Tinggal komunikasi dari Pemdanya sendiri," kata dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: