Yayasan Manasix dalam Pemberdayaan Anggota, Jajagi Menanam Cabai Rawit dan Tomat Ribuan Pohon

Yayasan Manasix dalam Pemberdayaan Anggota, Jajagi Menanam Cabai Rawit dan Tomat Ribuan Pohon

Pembina Yayasan Manasix Dede Muharam (Kanan) saat meninjau benih cabai rawit dan tomat untuk siap tanam pada media polybag sebagai pemberdayaan anggota, Minggu 22 Januari 2023.-Tiko Heryanto-radartasik.disway.id

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM – Memiliki keterbatasan tempat atau lahan berkembun, tidak menyurutkan anggota Yayasan Mantan Narapidana Tasik (Manasix), untuk terus berniat baik, berkaya agar bermanfaat. 

Di tengah keterpurukan ekonomi yang dihadapi para mantan narapidana, mereka mau belajar menggarap bidang pertanian lewat menanam cabai rawit dan tomat dengan pemanfaatan lahan bekas jalan.

Memanfaatkan areal lahan kosong di bawah jembatan Kampung Cikaracak Leuwigenta, Kecamatan Cibeureum, kini sudah ada lebih dari 1.500 benih. Tidak lama lagi mereka akan menanam cabai rawit dan tomat. 

Benih-benih yang kian menghijau itu, baru satu pekan dan tidak lama lagi bakal dipindahkan pada media tanaman seadanya yaitu polybag. 

BACA JUGA:Pemain Penyeimbang Persib, Bersinar Kembali di Tangan Luis Milla, Harga Transfer Tertingginya Rp 3,4 Miliar

Asep Yanyan atau yang akrab disapa Jue, selaku pengelola lahan, sudah sepekan ini menyiapkan materi tanam berupa polybag. 

“Alhamdulillah benih cabai dan tomat mulai tampak. Saat ini sedang kami siapkan polybag agar benih ini satu persatu dipisahkan. Ini masih kita bangun saung atap plastik,” ungkapnya saat ditemui di areal bawah Jembatan Cikaracak Kecamatan Cibeureum. 

Jue mengungkapkan, benih tersebut diperoleh dari dukungan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Tasikmalaya.

“Termasuk kami juga diberi pemahaman oleh pihak dinas (DKP3). Hasilnya seperti sekarang ini. Mudah-mudah bisa berjalan baik,” katanya. 

BACA JUGA:Top Banget! Atraksi Barongsai Asian Lion Dance Sedot Perhatian, Perayaan Imlek di Kota Tasikmalaya Meriah

Ucapan terimakasih disampaikan Pembina Yayasan Manasix Dede Muharam kepada dinas terkait yang telah mendukung kegiatan ini.

Menurut adik kandung Wali Kota Bandung (Alm) Mang Oded itu menyebutkan, anggota yayasan saat ini tengah mencoba bidang pertanian dengan menanam cabai rawit dan tomat. Dia menilai, hasil pertanian khususnya cabai rawit memiliki nilai ekonomi yang tinggi. 

Terlebih jika menghadapi hari besar seperti Ramadan, Lebaran dan Tahun Baru. “Setidaknya pemberdayaan ini untuk mewadahi mereka bisa sejahtera. Untuk mereka. Kami sengaja mengedukasi agar mereka tak hanya berpangku tangan tetapi melakukan ikhtiar dengan cara yang halal dan baik,” beber pria yang juga Ketua Komisi IV DPRD Kota Tasikmalaya.

Selama ini, sambung Dede Muharam, di lokasi ini mereka telah mengelola dan pemanfaatan lahan bekas jalan dipakai pertanian. Hal ini mulai dijajaki setelah program sebelumnya yaitu pemanfaatan dan memelihara lingkungan kawasan sungai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: