Sobekan Irawan

Sobekan Irawan

--

Mirza Mirwan

"Sehari bisa 3-4 gelas, Pak Izrail. Gimana, mantap 'kan?" "Mantap atau tidaknya saya tidak tahu, Cak, wong saya baru kali ini ngopi." "Berarti Pak Izrail hanya minum teh saja?" "Ndak juga." "Oh...berarti saban hari minum air putih." "Saya ndak minum ndak makan, Cak," Izrail lantas menyeruput kopinya hingga habis. Menghormati tuan rumah, sih. Dan Izrail pun tertidur. Kesempatan itu digunakan Brodin untuk menaruh kertas yang memuat namanya di tumpukan paling bawah. Kurang dari dua jam kemudian, Izrail terbangun. "Wah, gegara kopi sampeyan saya bisa tidur, Cak. Padahal seumur hidup saya ndak pernah tidur." Brodin kecewa, tentu saja. Semula dikira Izrail mati. Ternyata bangun lagi. "Sebagai bentuk terima kasih, saya akan mencabut nyawa orang yang berada di urutan bawah daftar yang saya bawa, Cak!" Brodin : Lho, kok ..??? ---------------- Adaptasi dari humor Gus Dur.

Mirza Mirwan

Sebut saja namanya Brodin. Seperti Mayjen Farid, ia juga MA: Madura Asli. Suatu malam ia mendengar suara pintu diketuk dari luar disertai salam. "Wa'alaikum salam," sahut Brodin yang sedang nonton TV, lalu beranjak ke pintu. "Maaf, apakah benar sampeyan bernama Brodin?" tanya sang tamu serelah pintu terbuka. Tamu itu membawa stopmap tebal warna merah. "Benar, ta'iye. Mari masuk?" Sang tamu pun mengikuti Brodin, lalu dipersilakan duduk. "Mongomong nama sampeyan siapa ya?" tanya Brodin. "Saya Izrail, Cak Brodin." "Idih, kayak malaikat pencabut nyawa saja!" "Memang sayalah malaikat itu, Cak," kata sang tamu sambil membuka stopmap. "Dalam daftar yang saya bawa, malam ini, sekitar dua jam lagi saya harus mencabut nyawa sampeyan!" lanjutnya seraya menunjukkan selembar kertas di mana tertera nama, alamat, pekerjaan, dan jam pencabutan nyawa sampai menit dan detiknya. Brodin bergidik, tentu saja. Ia belum siap untuk mati. Dua anaknya masih cilkecil. Isterinya juga masih cantik semlohei. Tetapi karena Brodin orang Madura, tebersitlah ide cemerlang di otaknya. "O gitu. Ndak masalah. Tapi sambil nunggu waktu, gimana kalau kita pingopi dulu?" "Sebenarnya saya tak pernah ngopi, Cak. Tapi untuk menghormati sampeyan, okelah!" Brodin lantas ke dapur. Menyeduh dua gelas kopi. Tetapi gelas yang untuk Izrail dikasih dua bungkus racun tikus. "Sampeyan sering ngopi kayak gini, Cak" tanya Izrail setelah mencicipi kopinya.

Rihlatul Ulfa

namanya kuat maruf/tangan kanan ferdy sambo yg penurut/apapun kata manjikan manut/ namanya ricky rizal/ ajudan ferdi sambo yg nakal/yang tidak jadi menembak brigadir j/ karena nyali yg tidak begitu berani/ namanya ricard eliezer si algojo yg katanya menembak/awal mula ikut apa kata ferdy sambo/ujung-ujungnya ia tidak mengikuti komando/ mengatakan bahwa ia hanya disuruh/tapi tidak ada itikat untuk membantu/sampai akhirnya brigadir itu jatuh/drama keopisian yg sistematis/sampai banyak petinggi polisi ikut diadili/jabatan tinggi memang menyilaukan/sampai bisa mencoba mengubur pembunuhan yg fatal

Rihlatul Ulfa

Tubuh besar itu akhirnya tersungkur, setelah tembakan emosi itu mengenai kepala belakang sebelah kiri. disamping tangga, depan kamar mandi. darah itu terus mengucur dari kepala tiada henti, jari-jari dan tulang seperti menjadi saksi, bagaimana kengerian itu terjadi. semua yg melihat seperti bungkam, seperti berbicara kepada dirinya sendiri 'toh bukan saya yg ditembak'. lucunya memakai ambulance, bahwa supir pun merasa janggal, setelah itu dibawa ke rumah sakit polri, padahal yg menembak adalah petinggi polri. harkat, martabat, malu, aib, pelecehan seksual menjadi alasan. pokoknya nyawa yg harus menjadi taruhannya, tidak ada lawan. 

Er Gham

Hakim MA yang tertangkap OTT KPK, hanya minta maaf setelah ketahuan. Minta maaf sama siapa Pak? 

Handoko Luwanto

Di golf tdk berlaku prinsip "proses tdk mengkhianati hasil". Yg ada prinsip "suami tdk mengkhianati istri". Kalo gak begitu, Caddy girls nya bakal didemo para istri.

MZ.ARIFIN UMAR ZAIN.

Tetangga orang Madura, jualan sate ayam, di Jawa Tengah, nyebut nya: Sate Ayam Madura. Apa nya yg Madura, semua bahan2 nya dari Jawa Tengah?

Johannes Kitono

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: