Saatnya Pemkab Tasikmalaya Punya Labkesda dengan Peralatan Lengkap

Saatnya Pemkab Tasikmalaya Punya Labkesda dengan Peralatan Lengkap

Kepala Bidang Pengawasan Layanan Kesehatan dan Fasilitas Usaha Dinkes Kabupaten Tasikmalaya dr Reti Zia Dewi Kania.-Istimewa-radartasik.disway.id

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tasikmalaya mendorong optimalisasi Laboratorium Kesehatan Daerah atau Labkesda dengan peralatan lengkap. Memilikinya Labkesda berperalatan lengkap setidaknya memudahkan pengecekan zat pada makanan atau sampel makanan

Hal ini sekaligus mengantisipasi terulangnya kasus keracunan makanan, seperti kehebohan akibat jajanan ciki ngebul (cikbul) beberapa waktu lalu tepatnya pada 15 November 2022.

Kepala Bidang Pengawasan Layanan kesehatan dan Fasilitas Usaha Dinkes Kabupaten Tasikmalaya dr Reti Zia Dewi Kania, mengaku tengah mengoptimalkan laboratorium milik Pemkab Tasikmalaya yang berlokasi di Jalan Pancasila Kelurahan Lengkongsari, Kota Tasikmalaya. 

"Untuk labnya kita sudah ada, namun peralatannya masih belum lengkap, hanya bisa melakukan pengecekan dasar saja," katanya kepada radartasik.com, Rabu 11 Januari 2023.

BACA JUGA:Kabur ke Hutan, Saking Lemas 3 Hari Tak Makan, Terduga Pembunuh Bayi 8 Bulan Pasrah Diringkus Polisi

Untuk melengkapi peralatan itu, saat ini pihaknya tengah menunggu perbup dan juga mengajukan peralatan lengkap. "Perbup itu saat ini tengah kita ajukan, termausk peralatan lengkap," kata dia.

Reti menjelaskan, jika laboratorium dengan peralatan yang lengkap bisa terwujud, setiap pengecekan sampel makanan tidak melulu mengandalkan laboratorium Provinsi Jawa Barat. 

"Tentunya pengecekan ke sana memakan waktu karena banyaknya sampel yang harus dicek, di sana kan ada sampel dari berbagai daerah yakni 27 kota dan kabupaten," kata dr Reti.

Labkesda dengan peralatan lengkap, nantinya bisa melakukan pengecekan berbagai sampel, baik makanan yang dianggap berbahaya, termasuk sampel keracunan walapun itu tidak diinginkan.

BACA JUGA:Bedah Taktik Persib vs Persija, Luis Milla Lebih Variatif Menyerang, Thomas Doll Disiplin Umpan Pendek 

"Itu nanti bisa lebih cepat mengetahuinya, termasuk bisa mengecek makanan termasuk jajanan yang dianggap berbahaya," kata dia. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: