Waspada, Besok 3 Daerah di Jabar Berpotensi Hujan Badai hingga Banjir, BNPB Cari Solusi Melalui TMC

Waspada, Besok 3 Daerah di Jabar Berpotensi Hujan Badai hingga Banjir, BNPB Cari Solusi Melalui TMC

Ilustrasi banjir. Waspada, Rabu 28 Desember 2022, besok 3 daerah di Jabar berpotensi hujan badai. Foto: Disway--

JAKARTA, RADARTASIK.COM— Waspada, Rabu 28 Desember 2022, besok 3 daerah di Jabar berpotensi hujan badai. BNPB cari solusi melalui TMC atau teknologi modifikasi cuaca.

Soal cuaca ekstrem, seperti hujan ekstrem dan badai dahsyat atau hujan badai, diprediksi terjadi besok, Rabu 28 Desember 2022.

Peneliti Klimatologi Pusat Riset Iklim dan Atmosfer Badan Riset dan Inovasi Nasional atau BRIN,  menginformasikan bahwa hujan ekstrem akan melanda DKI Jakarta.

Badai dahsyat juga, kata dia, diprediksi akan terjadi dan melanda di beberapa daerah Provinsi Banten.

BACA JUGA: Mengejutkan, Berkas Penting Kasatgas KPK Dicuri Maling, Motifnya Sedang Didalami

"Siapapun Anda yg tinggal di Jabodetabek dan khususnya Tangerang atau Banten, mohon bersiap dengan hujan ekstrem dan badai dahsyat pada 28 Desember 2022," kata Erma Yulihastin lewat akun Twitternya, Senin 26 Desember 2022.

Mengantisipasi hujan badai tersebut, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan melakukan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC).

Letjen TNI Suharyanto, Kepala BNPB mengatakan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Pemprov DKI Jakarta dan Jawa Barat (Jabar) terkait hal ini.

Karena, menurut data prakiraan cuaca Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan BMKG menyebut, 28 Desember 2022 diprediksi akan terjadi potensi cuaca ekstrem di Jabodetabek dan sekitarnya.

BACA JUGA: Mengenang Momen Blusukan Marek Janota Temukan Robby Darwis: Cari Pemain Jangkung yang Bisa Nendang Keras

"Nanti pelaksanaannya BRIN dengan TNI AU, penganggaran dari BNPB, kita akan melaksanakan TMC," jelas Suharyanto di Graha BNPB, Jakarta Timur, Selasa 27 Desember 2022.

Adapun upaya TMC ini, kata Suharyanto, akan dilakukan hingga awal tahun 2023.

Sementara itu soal prediksi hujan ekstrem dan badai dahsyat yang diprediksi akan terjadi Rabu 28 Desember 2022, disebut akan berdampak banjir pada 3 daerah di Jawa Barat.

Adapun 3 daerah di Jawa Barat daerah yang berpotensi hujan badai itu adalah Kabupaten Subang, Indramayu dan Sumedang. Ketiga daerah itu dekat dengan aliran sungai Sukanegara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id