Sebelum 31 Desember 2022, Cek Lagi Apakah Dapat Bansos BLT BBM, BPNT, dan PKH Cukup Lewat HP Saja

Sebelum 31 Desember 2022, Cek Lagi Apakah Dapat Bansos BLT BBM, BPNT, dan PKH Cukup Lewat HP Saja

Ilustrasi penerima bansos BLT BBM, PKH dan BPNT. --

JAKARTA, RADARTASIK.COM - Sesuai ketentuan Kementerian Sosial, sebelum 31 Desember 2022 PT Pos Indonesia harus sudah menyalurkan bansos BLT BBM tahap 2, BPNT, dan PKH

 Pencairan bansos BLT BBM, BPNT, dan PKH.  pada Desember 2022 ini oleh pemerintah diperuntukkan bagi masyarakat prasejahtera atau kurang mampu yang sudah dinyatakan statusnya dengan sejumlah syarat tertentu. 

Dikutip dari laman resmi kemensos.go.id, BLT BBM adalah Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak yang dimaksudkan untuk meringankan masyarakat prasejahtera dalam memenuhi kebutuhan daya beli akibat beragam kenaikan harga.

Sementara PKH adalah program keluarga harapan berupa pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM) yang berstatus sebagai keluarga penerima manfaat PKH.

BACA JUGA: Alhamdulillah, Masih Ada Bansos Sebesar Rp20 Juta Per Keluarga Cair Pekan Ini, Khusus untuk Renovasi Rumah

Sedangkan BPNT adalah Bantuan Pangan Non Tunai atau Program Sembako berupa bantuan pangan bukan uang tunai untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) setiap bulan.

Nah, bagi masyarakat kurang mampu bisa mengecek data untuk memastikan apakah dapat bansos BLT BBM, BPNT, dan PKH dari kementerian sosial.

Layanan pengecekan secara online ini bertujuan agar pendataan transparan dalam penyaluran bansos BLT BBM, BPNT, dan PKH.

Bansos BLT BBM dicairkan pertama kali pada September 2022 dan kembali dicairkan Desember 2022.

BACA JUGA: Kemensos Buka Loker Terbaru untuk Pendamping Sosial PKH, Butuh Ratusan Orang, Termasuk Kabupaten Tasikmalaya

Masyarakat dapat mengambil BLT BBM sebesar Rp 300 ribu melalui kantor Pos Indonesia terdekat di wilayahnya masing

Sementara dana Bansos PKH Desember 2022 masih berjalan sampai saat ini. Hanya saja Kemensos mengejar target penyaluran dana Bansos PKH selesai sebelum akhir Desember 2022.

Bansos PKH Desember 2022 masuk tahap 4 diperuntukkan khusus bagi masyarakat kurang mampu atau rentan miskin yang terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat atau KPM.

PKH Desember 2022 ini disalurkan pula bantuan uang tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin atau RTSM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id