Membanggakan, Terowongan Kembar Terpanjang di Indonesia Tol Cisumdawu, Indah Berada di Wilayah Pegunungan

Membanggakan, Terowongan Kembar Terpanjang di Indonesia Tol Cisumdawu, Indah Berada di Wilayah Pegunungan

Daftar jalan tol yang potensi beroperasi fungsional saat Mudik Lebaran 2023.--Istimewa--

Atika Dara Prahita, Operation and Maintenance Management Group Head Jasa Marga, mengatakan, jutaan kendaraan itu diprediksi meninggalkan Jabodetabek melalui empat gerbang Tol.

"Berdasarkan data kami, diprediksi ada peningkatan lalu lintas yang keluar Jabodetabek melalui empat gerbang utama yaitu Gerbang Tol Cikampek Utama, Kalihurip Utama, Ciawi dan Cikupa," kata Atika Dara Prahita, Jumat 16 Desember 2022.

Berdasarkan data yang fin.co.id dapatkan, sebanyak 2,73 juta kendaraan telah melintas mulai dari tanggal 18 Desember 2022 sampai dengan 3 Januari 2023.

Dari data tersebut terlihat adanya peningkatan volume lalu lintas, dibandingkan dengan libur natal dan tahun baru 2021 lalu.

"Diperkirakan naik sebesar 2,6 persen dibandingkan Nataru tahun 2021 ataupun kondisi normal, kita ambil dari bulan Juni tahun 2022 itu naik sebesar 8,4 persen yang melintas," ucapnya.

Atika Dara Prahita menjelaskan, peningkatan volume kendaraan di jalan tol sebelumnya sudah diprediksi oleh Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan.

"Sudah jelas yang diprediksi oleh Badan Kebijakan Transportasi (BKT) dari Kementerian Perhubungan, memang akan ada potensi kenaikan volume liburan khususnya di Nataru ini," ungkapnya.

Guna antisipasi adanya peningkatan volume lalu lintas saat periode Nataru 2022/2023, Jasa Marga Bekerjasama dengan Kepolisian dan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan untuk mempersiapkan rekayasa lalu lintas apabila dibutuhkan.

Menjelang libur tahun Natal dan Tahun Baru, ada kabar baik bahwa ada tol gratis mudik tahun baru 2023.

Masyarakat bisa merasakan tol gratis mudik tahun baru 2023 yaitu saat melintasi Tol Cisumdawu.

Saat libur Natal dan Tahun Baru, Tol Cisumdawu gratis alias tidak harus membayar tarif tol untuk sementara waktu. Dengan begitu, Tol Cisumdawu gratis mudik tahun baru 2023. 

“Alhamdulillah kami sudah mendapat informasi bahwa pemerintah akan memfungsionalisasi Tol Cisumdawu. Jadi teman-teman yang dari Bandung ke arah Cirebon tidak perlu lagi melewati tol ke arah Subang,” jelas Kapolda Jawa Barat Irjen Suntana di Kota Cirebon, Selasa, 13 Desember 2022.

Kapolda Jabar Irjen Suntana mengaku telah mencoba melewati Tol Cisumdawu dari Bandung menuju Cirebon.

“Kalau saya lewat Subang sekitar 3 jam sampai Cirebon. Kemarin saya coba (lewat Cisumbdawu) kurang dua jam sudah sampai,” kata Irjen Suntana.

Kapolda Jabar mengungkapkan bahwa masyarakat yang akan melalui Tol Cisumdawu saat mudik tahun baru 2023 belum dipungut bayaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: